Bagikan:

JAKARTA – Alex Pereira membuktikan ketangguhannya sebagai juara kelas berat ringan UFC. Petarung MMA asal Brasil tersebut sukses mengKO lawannya asal Republik Czechia, Jiri Prochazka, hanya dalam dua ronde pada ajang UFC 303 di T-Mobile Arena, Las Vegas, 30 Juni 2024.

Satu high kick kaki kiri Pereira saat ronde kedua baru berjalan 18 detik menghajar sisi kanan kepala Prochazka, dan langsung merobohkannya. Prochazka tak sanggup bangkit, hingga pertarungan pun diputuskan berakhir dengan kemenangan KO untuk Pereira.

Duel tersebut merupakan rematch dari pertarungan pertama yang digelar di New York, 11 November 2023. Ketika itu Pereira hanya menang angka 5 ronde, sekaligus merengkuh gelar juara kelas berat ringan UFC.

“Saya fokus, karena saya menghadapi seorang petarung yang sedang berusaha membalaskan kekalahannya. Kegigihan Prochazka justru memberikan saya tambahan motivasi untuk memenangi pertarungan. Dan saya berhasil melaksanakan apa yang harus saya lakukan,” ujar Pereira, petarung berusia 36 tahun dengan rekor 11-2 (9 KO) itu seperti dikutip MMA Fighting.

Usai kemenangan tersebut, Pereira disodori beberapa pilihan untuk melanjutkan karier MMA-nya di UFC. Pilihan pertama adalah tetap bertahan di kelas berat ringan (93 kg). Ada dua calon lawan yang pantas disodorkan untuknya, yaitu Jamahal Hill atau Magomed Ankalaev.

Pilihan lain adalah naik ke kelas berat, seperti yang dilakukan Jon Jones dan beberapa mantan petarung kelas berat ringan lain.

“Semua layak dicoba. Namun untuk mencari kepastian masa depan saya, lebih baik ditanyakan kepada Dana White sebagai orang yang lebih tepat menjawab,” kata Pereira.