Partai Prochazka vs Pereira Hampir Samai Rekor Alvarez vs McGregor
Dua pertandingan Alex Pereira ada di daftar pendapatan kotor tertinggi di UFC (Instagram/@alexpoatanpereira).

Bagikan:

JAKARTA – Alex Pereira berhasil menyabet gelar juara baru kelas berat ringan (light heavyweight) pada Minggu, 12 November 2023, di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat.

Pria kelahiran Brasil itu mengandaskan perlawanan Jiri Prochazka (Republik Ceska) hanya dengan 4 menit 8 detik di UFC 295. Sikutan Pereira membuat lawan tak berkutik yang berujung diganjar TKO.

Perjalanan Pereira memang sudah dinantikan banyak orang. Sabuk kelas berat ringan menjadi gelar kedua dalam setahun Si Tangan Batu.

Sebelumnya, Pereira sempat menjadi jawara di kelas menengah setelah menundukkan Israel Adesanya.

Namun, sayang dalam pertarungan ulang (rematch) pada April 2023, Pereira harus kehilangan sabuk kelas menengah setelah Adesanya berhasil revans.

Meski demikian, kehadiran Alex Pereira tetap menjadi sebuah fenomena baru. Setelah menggondol sabuk kelas berat ringan yang lowong usai dilepas Jamahal Hill, petarung 36 tahun itu dinobatkan sebagai fighter tercepat yang bisa meraih dua sabuk divisi berbeda di UFC.

Tak hanya itu, debutnya saat naik ke kelas berat ringan langsung meraih kemenangan. Jan Blachowicz menjadi korbannya.

Ternyata, catatan yang ditorehkan Alex Pereira tak cuma soal prestasi di dalam oktagon. Torehan pendapatan pada pertarungan Prochazka vs Pereira ini hampir menyamai rekor milik Alvarez vs McGregor.

Menurut catatan UFC, partai Prochazka vs Pereira disaksikan secara langsung dengan jumlah penonton mencapai 19.039.

Jumlah itu menghasilkan pendapatan kotor tertinggi kedua dalam sejarah UFC, yaitu sebanyak 12,4 juta dolar atau setara Rp195,3 miliar.

Peringkat pertama ditempati partai Alvarez vs McGregor pada 12 November 2016 yang mengantongi pendapatan kotor 17,7 juta dolar atau sekitar Rp278,7 miliar.

Nah, menariknya partai Pereira ada di peringkat ketiga penonton terbanyak. Pertarungan Adesanya vs Pereira pada 12 November 2022 meraup pendapatan kotor 11,5 juta dolar atau berkisar Rp181,6 miliar.

Madison Square Garden (MSG) kembali menjadi saksi perayaan hari jadi UFC. Tahun ini, saat menggelar partai Prochazka vs Pereira pada 12 November, UFC sekaligus merayakan ulang tahun ke-30.