Cedera Parah, Jiri Prochazka Keluar dari UFC 282 Sekaligus Kosongkan Gelar
Jiri Prochazka (Instagram @jirkaprochazka)

Bagikan:

JAKARTA - Jiri Prochazka, juara kelas berat ringan UFC, terpaksa mundur dari upaya mempertahanan gelar melawan Glover Teixeira di UFC 282 karena cedera serius di bahu kanannya. Ia pun harus merelakan gelar juaranya.

Menurut Tim Simpson, manajer Prochazka, bahu sang petarung "hancur dalam jenis kecelakaan gulat di UFC Performance Institute". Para dokter memberi tahu presiden UFC Dana White bahwa cederanya parah.

"Ini adalah cedera bahu terburuk yang pernah dilihat para dokter dalam sejarah UFC," kata White mengutip Marca, Kamis. "Ini benar-benar buruk. Bahunya sangat, sangat buruk. Dia akan menjalani operasi serius yang membutuhkan rehabilitasi ekstensif."

Sedikit menengok ke belakang. Prochazka memenangkan gelar dari Teixeira di UFC 275 pada 11 Juni. Dalam pertarungan yang menjadi unggulan untuk Fight of the Year, Prochazka mengalahkan Teixeira melalui rear naked choke saat waktu tersisa 28 detik.

Teixeira menolak kesempatan UFC untuk memperebutkan gelar kosong dalam pertarungan melawan Ankalaev. Menurut Hunter Campbell, kepala bisnis UFC, Teixeira "mungkin" bermaksud merebut kembali kejuaraan itu dari Prochazka.

"Kami bertemu dengan Jiri tadi malam dan dengar, pria ini adalah salah satu manusia paling berkelas sepanjang masa," kata White. "Dia adalah petarung yang luar biasa dan sangat kecewa."

"Dia akan absen untuk waktu yang lama dan pada titik tertentu, kami mungkin harus mencopot gelarnya. Tapi, dia menyampaikannya kepada kami dan mengatakan untuk menghormati petarung lain, dia tidak ingin mempertahankan divisi.

Acara utama pada 10 Desember di T-Mobile Arena di Las Vegas akan menampilkan mantan juara Jan Blachowicz versus Magomed Ankalaev setelah Teixeira menolak kesempatan untuk menantang petarung lain untuk kejuaraan tersebut.

Ankalaev saat ini berada di peringkat ketiga divisi kelas berat ringan UFC, sedangkan Blachowicz di peringkat kedua. Ankalaev, yang melakukan debutnya di UFC pada 17 Maret 2018, di London, memenangkan sembilan pertandingan berturut-turut dan mencatatkan rekor (menang-kalah) 18-1 secara keseluruhan setelah mengalami satu-satunya kekalahan dalam kariernya dengan kuncian triangle choke dari Paul Craig.

Mantan juara UFC Blachowicz dikalahkan Teixeira di UFC 267 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 30 Oktober 2021. Dalam pertarungan pertamanya setelah comeback, ia mengalahkan Aleksandar Rakic ​​dengan TKO pada 14 Mei di Las Vegas. Penyakit lutut Rakic ​​menyebabkan berakhirnya pertarungan itu.

Petarung yang sedang naik daun, Paddy Pimblett dan Jared Gordon akan bertanding di divisi ringan dalam acara pendukung utama baru di UFC 282.