Bagikan:

 

JAKARTA – Timnas Spanyol dan Inggris akan berjumpa di pertandingan final Euro 2024. Berikut ini adalah jadwal dan lokasi pertemuan antara kedua raksasa itu.

Bentrok untuk memperebutkan trofi Henri Delaunay ini akan digelar di Stadion Olimpiade Berlin pada Senin, 15 Juli 2024. Sepak mula laga dimulai pada pukul 02.00 WIB.

Di atas kertas La Furia Roja, julukan timnas Spanyol, jelas jauh lebih diunggulkan oleh banyak orang. Itu karena perjalanan mereka ke final lebih teruji dengan mengalahkan para unggulan.

Mereka tercatat memenangi semua pertandingan di babak penyisihan grup. Itu termasuk menumbangkan tim juara bertahan Italia dan runner up Piala Dunia 2018, Kroasia.

Di babak gugur, mereka dengan mudah menghentikan tim debutan Georgia sebelum kemenangan atas tim tuan rumah Jerman di perempat final dan Prancis di babak semifinal.

Selain itu, Spanyol juga sudah terbiasa mengangkat trofi Euro, termasuk back to back pada edisi 2008 dan 2012. Total mereka sudah tiga kali keluar sebagai juara pada turnamen ini.

Di lain sisi, Inggris keluar sebagai juara Grup C untuk menembus babak gugur. Namun, mereka hanya satu kali menang dan dua kali bermain imbang di fase penyisihan.

Di fase gugur, The Three Lions butuh tambah waktu 2x15 menit untuk menghentikan Slovenia, adu penalti melawan Denmark, dan bangkit dari ketertinggalan untuk menghentikan Belanda di semifinal.

Dalam sejarah Euro, sang juara Piala Dunia 1966 ini masih belum mengangkat trofi ikonik tersebut. Kesempatan pertama terjadi pada edisi 2020, tetapi mereka tumbang melawan Italia di final.

Jadi, ini adalah peluang emas kedua mereka untuk menjadi yang terbaik di Eropa. Akan tetapi, agak mustahil mereka bisa dengan mudah buat sejarah jika melihat statistik La Roja yang begitu mengesankan di tahun ini.

Jadwal Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris

Senin, 15 Juli 2024

Stadion Olimpiade Berlin

Kick off pukul 02.00 WIB

Live di RCTI, streaming di Vision+