Bagikan:

JAKARTA – Pertarungan sengit antara Inggris dan Spanyol akan terjadi di final Euro 2024 yang diselenggarakan di Stadion Olimpiade Berlin. Menjelang pertandingan ini, pelatih Inggris, Gareth Southgate, berbagi pandangannya mengenai laga penting ini dan memberikan penghargaan kepada para pemainnya.

Southgate, yang selalu menunjukkan sikap tanpa pamrih dan bermartabat, mengungkapkan bahwa kemenangan pada hari Minggu 14 Juli akan membawa kebahagiaan bagi seluruh bangsa Inggris. "Kami akan membawa kebahagiaan bagi bangsa kami. Untuk kelompok pemain dan staf, serta para pemain yang telah bersama kami selama enam atau tujuh tahun terakhir, saya akan sangat bangga untuk mereka semua," katanya.

Manajer Inggris ini juga memberikan komentar mengenai winger berbakat Spanyol, Nico Williams dan Lamine Yamal. "Mereka berdua sangat bagus, talenta muda yang bekerja untuk tim. Mereka mungkin membuat gaya main tim mereka sedikit lebih langsung daripada tim Spanyol sebelumnya," ujar Southgate.

Southgate juga memuji perjalanan pribadi pemainnya, Ollie Watkins, yang berhasil masuk ke skuad Inggris. "Perjalanannya luar biasa, untuk bisa masuk ke dalam skuad. Tapi kemudian, apa yang telah dia lakukan dalam beberapa minggu terakhir, level latihannya, komitmen terhadap latihan tidak pernah goyah, dan dia siap saat kami membutuhkannya," tambah Southgate.

Laime Yamal dan Nico Williams dari Spanyol. (foto: uefa.com),

Pengaruh dari para pemain pengganti Inggris, atau yang mereka sebut 'penyelesai', juga sangat besar dalam turnamen ini. "Mereka harus berkorban untuk tim, tetapi mereka melakukannya dengan sangat baik. Mereka mempengaruhi permainan ketika kami memintanya, dan mereka luar biasa di kamp pelatihan juga," jelas Southgate.

Inggris akan menghadapi Spanyol yang dikenal dengan para pemain mudanya yang dinamis dan penuh percaya diri. "Spanyol telah menjalani beberapa pertandingan yang sangat sulit; mereka mungkin tim terbaik dalam kompetisi sejauh ini. Winger mereka sangat dinamis, muda, penuh percaya diri, dan langsung. Rodri adalah pemain yang luar biasa. Tapi kami memiliki gol dari mana-mana dan talenta kelas dunia. Ini akan menjadi pertandingan yang sangat menarik dan saya tidak sabar untuk menjadi bagian darinya," kata Ollie Watkins, penyerang Inggris.

Watkins juga mengakui bahwa Inggris tidak bermain sebaik mungkin di babak grup, tetapi mereka semakin kuat seiring berjalannya turnamen. "Yang utama adalah kami tidak kalah dalam pertandingan dan seiring berjalannya waktu kami bermain lebih baik. Kami mengendalikan permainan. Jika kami tertinggal satu gol, kami tidak runtuh. Kami menunjukkan kebersamaan bahwa semua orang ada untuk bekerja keras sebagai tim. Kami semakin kuat. Mudah-mudahan kami bisa menyelesaikan pekerjaan," ujar Watkins.

Setelah mencetak gol kemenangan melawan Belanda, Watkins merasakan kebahagiaan yang luar biasa. "Rasanya luar biasa. Saya mencoba meresapi semuanya karena momen-momen seperti itu jarang terjadi. Saya percaya dengan kerja keras dan dedikasi Anda bisa mencapai apa pun dan itu terjadi pada saya," katanya.

Watkins juga mengapresiasi peran besar dari para pemain yang belum bermain. "Anak-anak yang belum bermain memiliki peran besar dan menjadi profesional sejati. Semua orang bersama-sama dan saya pikir itu membawa kelompok ini lebih dekat. Sekarang saya yakin para pemain sadar ada banyak hype dan negara sangat bersemangat. Fokus kami adalah pada final itu," tambahnya.

Watkins menyebut Rodri sebagai pemain utama Spanyol yang sangat krusial dalam membangun serangan. "Semua orang tahu talentanya; dia adalah pemain kelas dunia dan saya merasa dia sangat krusial untuk cara mereka membangun serangan. Jadi, jika kami bisa menghentikan bola yang masuk ke dia, itu membuat hidup kami jauh lebih mudah," tutup Watkins.

Pertandingan final Euro 2024 antara Inggris dan Spanyol akan menjadi laga yang sangat dinantikan, dengan kedua tim siap memberikan yang terbaik untuk meraih trofi bergengsi ini.