Bagikan:

JAKARTA - Inggris akan berusaha meraih gelar di Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka ketika menghadapi juara tiga kali Spanyol dalam final Euro 2024 pada Minggu, 14 Juli. Inggris sendiri tiga kali bermain di final. Selain 2024 ini, mereka juga mencapai final pada 2020 dan 1968 dari sebelas kali keikutsertaannya di Piala Eropa sejak 1968. 

The Three Lions finis sebagai runner-up di Euro 2020, kalah dalam adu penalti dari Italia, sementara Spanyol telah mengangkat trofi bergengsi ini pada tahun 1964, 2008, dan 2012. Rekor yang sama juga dimiliki Jerman, juara tiga edisi. Jika mereka juara, maka La Roja akan memecahkan rekor sebagai negara pengoleksi terbanyak gelar Piala Eropa yang keempat kalinya. 

Selain itu, jika mampu menang di laga final Spanyol akan menjadi tim yang mampu meraih tujuh kemenangan berturut-turut di Euro. Selama ini rekor terpanjang hanyalah lima kemenangan yang sudah diraih Italia dan Prancis.  Spanyol sendiri, akhirnya memecahkan rekor itu saat menang enam kali berturut, terakhir atas Prancis 2-1.

"Belum ada tim yang pernah memenangkan enam – atau mungkin tujuh – pertandingan berturut-turut di EURO sebelumnya," kata Dany Olmo, gelandang Spanyol. "Kami hanya memikirkan final," tambahnya.

"Bukan soal rekor, bukan soal masa depan. Kami hanya 90 menit dari meraih kemenangan ini, tiga tahun setelah tidak mencapai final EURO 2020. Kami bermain untuk menang," ujarnya. 

Tahun ini, Inggris mengalahkan Belanda 2-1 di semifinal turnamen musim panas ini, sementara Spanyol meraih kemenangan 2-1 atas Prancis, dan kedua tim kuat Eropa ini akan saling berhadapan dalam final akhir pekan ini.

Menjelang pertandingan yang ditunggu-tunggu di Berlin pada Minggu nanti, ada perbandingan mendalam tentang bagaimana kedua skuad tersebut.

Spanyol

Manajer: Luis de la Fuente

Kapten: Alvaro Morata (79 caps)

Pemain paling berharga: Rodri (£100.8m)

Nilai total skuad: £810.8m (sekitar Rp13.112 miliar)

Pemain dengan penampilan terbanyak (sepanjang masa): Sergio Ramos (180 antara 2005 dan 2021)

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa: David Villa (59 antara 2005 dan 2017)

Pencetak gol terbanyak dalam final Kejuaraan Eropa: Alvaro Morata (tujuh gol)

Pencetak gol terbanyak (Euro 2024): Dani Olmo (tiga gol)

Pemain tertua (Euro 2024): Jesus Navas (38 tahun)

Pemain termuda (Euro 2024): Lamine Yamal (16 tahun)

Rata-rata usia (Euro 2024): 27.2 tahun

Gelar Kejuaraan Eropa: 3 kali

Penampilan dalam final Kejuaraan Eropa: 12 kali

Skuad Lengkap Spanyol: Penjaga Gawang: Alex Remiro (Real Sociedad), David Raya (Arsenal), Unai Simon (Athletic Bilbao)

Pertahanan: Aymeric Laporte (Al-Nassr), Robin Le Normand (Real Sociedad), Alex Grimaldo (Bayer Leverkusen), Dani Carvajal (Real Madrid), Dani Vivian (Athletic Bilbao), Jesus Navas (Sevilla), Nacho (Al Qadsiah), Marc Cucarella (Chelsea)

Gelandang: Mikel Merino (Real Sociedad), Fabian Ruiz (Paris Saint-Germain), Alex Baena (Villarreal), Martin Zubimendi (Real Sociedad), Rodri (Manchester City), Pedri (Barcelona, absen karena cedera), Fermin Lopez (Barcelona)

Penyerang: Alvaro Morata (Atletico Madrid), Dani Olmo (RB Leipzig), Joselu (Al Gharafa), Lamine Yamal (Barcelona), Mikel Oyarzabal (Real Sociedad), Ayoze Perez (Real Betis), Ferran Torres (Barcelona), Nico Williams (Athletic Bilbao)

Inggris

Manajer: Gareth Southgate

Kapten: Harry Kane (97 caps)

Pemain paling berharga: Jude Bellingham (£151.2m)

Nilai total skuad: £1.3 miliar (sekitar Rp21.009 miliar)

Pemain dengan penampilan terbanyak (sepanjang masa): Peter Shilton (125 antara 1970 dan 1990)

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa: Harry Kane (66 antara 2015 dan sekarang)

Pencetak gol terbanyak dalam final Kejuaraan Eropa: Alan Shearer, Harry Kane (tujuh gol)

Pencetak gol terbanyak (Euro 2024): Harry Kane (3 gol)

Pemain tertua (Euro 2024): Kyle Walker (34 tahun)

Pemain termuda (Euro 2024): Kobbie Mainoo (19 tahun)

Rata-rata usia (Euro 2024): 26.2 tahun

Gelar Kejuaraan Eropa: 0

Penampilan dalam final Kejuaraan Eropa: 11 kali

Skuad Lengkap Inggris: Penjaga Gawang: Dean Henderson (Crystal Palace), Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Pertahanan: Lewis Dunk (Brighton & Hove Albion), Joe Gomez (Liverpool), Marc Guehi (Crystal Palace), Ezri Konsa (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Newcastle United), Kyle Walker (Manchester City)

Gelandang: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Jude Bellingham (Real Madrid), Conor Gallagher (Chelsea), Kobbie Mainoo (Manchester United), Declan Rice (Arsenal), Adam Wharton (Crystal Palace)

Penyerang: Jarrod Bowen (West Ham United), Eberechi Eze (Crystal Palace), Phil Foden (Manchester City), Anthony Gordon (Newcastle United), Harry Kane (Bayern Munich), Cole Palmer (Chelsea), Bukayo Saka (Arsenal), Ivan Toney (Brentford), Ollie Watkins (Aston Villa)

Dengan kualitas dan sejarah yang dimiliki kedua tim, final Euro 2024 antara Spanyol dan Inggris diharapkan akan menjadi pertandingan yang sangat menarik dan bersejarah