Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Spanyol telah memenangkan semua pertandingan mereka di Euro 2024. Empat kemenangan dari empat pertandingan di babak penyisihan grup merupakan pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah tim nasional Spanyol.

Luis Aragonés (2008) dan Vicente del Bosque (antara 2012 dan 2016) masing-masing mencapai tiga kemenangan berturut-turut, tetapi terhenti di pertandingan keempat. Hasil 0-0 melawan Italia untuk Luis dan 2-1 melawan Kroasia untuk Vicente. Kini, De la Fuente telah menyamai rekor tersebut.

Melawan Jerman, Spanyol mencari kemenangan kelima berturut-turut. Ini adalah batas tertinggi dalam sejarah Euro. Tim pertama yang mencapainya adalah Prancis, yang memenangkan semua pertandingan untuk menjadi juara di rumah mereka pada tahun 1984. Mereka gagal mencapai kemenangan keenam karena di Euro 1992 mereka memulai dengan hasil imbang 1-1 melawan Swedia di Solna, dan mereka tidak lolos untuk mempertahankan gelar pada tahun 1988.

Untuk menjadi juara Eropa satu-satunya gelar besar mereka, Belanda kalah di pertandingan pembukaan melawan Uni Soviet (yang mereka kalahkan di final) sebelum memenangkan empat pertandingan berturut-turut dan pertandingan pertama tahun 1992.

Setelah mengalahkan Soviet di final Munchen dengan karya seni dari Marco Van Basten, mereka memulai Euro 1992 dengan kemenangan 1-0 melawan Skotlandia, tetapi di pertandingan kedua hasilnya adalah 0-0 melawan penerus Uni Soviet, Komunitas Negara-Negara Merdeka (CIS).

Republik Ceko memenangkan lima pertandingan berturut-turut antara tahun 2000 dan 2004 tanpa menjadi juara. Mereka memenangkan tiga pertandingan penyisihan grup di Portugal (melawan Belanda, Jerman, dan Latvia) dan pertandingan perempat final (melawan Denmark) sebelum kalah di perpanjangan waktu melawan Yunani yang akhirnya menjadi juara. Ceko tiba di Portugal dengan kemenangan tidak berarti di pertandingan terakhir penyisihan grup tahun 2000: 0-2 melawan Denmark sebelum pulang.

Italia juga lima kali. Mereka menaklukkan Wembley dengan memenangkan semifinal (melawan Spanyol) dan final (melawan Inggris) melalui adu penalti setelah memenangkan tiga pertandingan penyisihan grup, perempat final, dan babak 16 besar.

Rekor pertandingan tanpa kalah secara keseluruhan masih dipegang oleh Spanyol: 14 pertandingan. Mulai dari kekalahan di Lisbon pada tahun 2004 melawan Portugal hingga kekalahan 2-1 melawan Kroasia di pertandingan ketiga penyisihan grup tahun 2016.