Preview Liverpool Vs Real Madrid: The Reds Dihantui Rekor Buruk Lawan Los Blancos
Liverpool akan menjamu Real Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (Foto: Twitter/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA – Liverpool dan Real Madrid akan mengulang final Liga Champions musim lalu saat dipertemukan kembali pada babak 16 besar musim ini. Pada leg pertama, Rabu, 22 Februari, dini hari WIB, The Reds akan menjamu Los Blancos.

Duel dua raksasa Eropa akan berlangsung di markas Liverpool di Stadion Anfield. Tuan rumah akan memainkan laga ini dengan modal hanya tersingkir satu kali di babak tersebut dalam lima tahun terakhir.

Namun, kekalahan dari Real Madrid di final musim lalu memperpanjang rekor tanpa kemenangan Liverpool melawan sang juara menjadi enam pertandingan. Itu adalah rekor terpanjang tanpa kemenangan melawan satu tim di Liga Champions Eropa.

Anak asuh Jurgen Klopp itu lolos dari fase penyisihan sebagai runner up Grup A, mengekori Napoli di posisi teratas. Sementara itu, sang juara bertahan mengalahkan Celtic, Shakhtar Donetsk, dan RB Leipzig untuk menempati posisi pertama di Grup F.

The Reds mengumpulkan sebanyak 15 poin di fase grup dan hanya kalah selisih gol dari Partenopei. Adapun Madrid mengoleksi 13 poin dari enam pertandingan untuk mengungguli Red Bull Leipzig satu poin yang lolos sebagai runner up grup.

Liverpool memainkan laga dini hari nanti setelah kemenangan beruntun di Premier League Inggris atas Everton dan Newcastle United. Dua hasil yang membuat harapan mereka bisa finis di empat besar akhir musim nanti mulai terbuka.

Selain modal dua kemenangan di laga terbaru dan cuma satu kali tersingkir di babak 16 besar dalam lima tahun terakhir itu, pasukan Klopp juga punya catatan yang baik saat bermain di Anfield. Rekor tidak terkalahkan mereka di kandang sejauh ini telah mencapai tujuh pertandingan.

Namun, Los Blancos yang berstatus sebagai pengoleksi gelar terbanyak kompetisi itu tidak bisa dianggap remeh. Musim lalu mereka yang tidak unggulkan justru bisa memulangkan Paris Saint-Germain, Chelsea, dan Manchester City, dalam perjalanan merengkuh gelar ke-14.

Perjalanan tim ibu kota Spanyol itu pada fase grup musim ini jauh dari kata sempurna. Hasil imbang dengan Shakhtar Donetsk dan kekalahan dari RB Leipzig sempat memperkecil kans Los Blancos lolos ke babak gugur sebagai juara grup.

Akan tetapi, kemenangan 5-1 atas Celtic di laga terakhir berhasil membawa sang juara bertahan finis paling atas di fase grup. Selain itu, mereka juga baru saja menambah satu koleksi gelar, yakni Piala Dunia Antar Klub pertengahan bulan ini setelah menekuk Al Hilal di final.

Tim asuhan Carlo Ancelotti itu mengamankan kemenangan keempat beruntun di semua turnamen pada akhir pekan kemarin setelah mengalahkan Osasuna 2-0 di lanjutan La Liga Spanyol. Namun, harapan mereka untuk meraih gelar La Liga dan Liga Champions secara beruntun berada di ujung tanduk.

Untuk saat ini Madrid masih menempati urutan kedua di klasemen sementara La Liga Spanyol dengan koleksi 51 poin dari 22 pertandingan. Mereka terpaut delapan poin dari Barcelona yang menguasai posisi paling wahid.

Selain itu, belakangan ini Real tercatat tidak begitu konsisten setiap kali memainkan laga tandang di Eropa. Dalam enam pertandingan tandang terakhir di kompetisi ini, mereka tercatat cuma memenangi dua di antaranya.

Perkiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Bajcetic, Fabinho, Henderson; Salah, Gakpo, Jota

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Militao, Rudiger, Alaba; Ceballos, Camavinga, Modric; Valverde, Benzema, Vinicius Jr