<i>Campeones!</i> Real Madrid Pukul Liverpool 1-0, Sabet Trofi Liga Champions ke-14
Vinicius Junior mencetak gol kemenangan Real Madrid (Twitter @realmadriden)

Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid menggebuk Liverpool dengan skor 1-0 dalam final Liga Champions 2021-2022 yang berlangsung di Stade de France pada Sabtu malam waktu setempat. Vinicius Junior jadi pahlawan kemenangan Los Blancos.

Dalam ulangan final 2018 di Kyiv itu, Liverpool langsung menguasai bola sejak kick-off. Trent Alexander-Arnold mengambil tendangan bebas dari luar kotak penalti pada menit ketiga, tapi dihalau Karim Benzema.

Pasukan Jurgen Klopp terus menekan secara intens. The Reds menguasai bola dan bahkan mendorong para pemain Los Blancos ke dalam untuk bertahan di daerah mereka sendiri.

Alexander-Arnold kembali beraksi. Penetrasinya ke dalam kotak penalti Real Madrid menghasilkan umpan silang rendah yang jatuh di kaki Mohamed Salah. Thibaout Coutois berhasil membuat penyelamatan. Tapi, ini peringatan awal untuk Madrid.

Menit 18, giliran Sadio Mane yang masuk ke dalam kotak penalti anak-anak asuhan Carlo Ancelotti dan melakukan tendangan first time, tapi langsung mengarah ke Courtois. Gawang Madrid selamat.

Berselang tiga menit, pemain internasional Senegal itu kembali mendapat peluang emas. Tendangan kerasnya mampu ditepis tipis oleh Courois, tapi membentur tiang dan mengarah ke punggung sang kiper. Courtois dengan segera mengamankan bola.

Liverpool terus menekan. Tapi, ketika Real Madrid melakukan serangan balik lewat Vinicius dan Benzema mereka kewalahan sehingga terjadi satu peluang yang nyaris menjadi gol.

Pada menit 43, Benzema menceploskan bola ke gawang Alisson Becker setelah terjadi sedikit kemelut di dalam kotak penalti. Benzema sukses merobek gawang kiper Brasil, tapi VAR menganulir gol tersebut karena pemain Prancis dianggap offside.

Skor tanpa gol menutup babak pertama.

Babak kedua, Liverpool masih melakukan tekanan. Sementara Real Madrid perlahan mulai membaca permainan. Alih-alih mencetak gol melalui Salah yang berkali-kali melakukan upaya, The Reds malah kebobolan lewat tendangan Vinicius.

Menit ke 59, Fede Valverde menyerbu dari sisi kanan dan menembakkan umpan rendah ke dalam kotak penalti. Bola mengarah ke tiang jauh yang ditempati Vinicius. Winger Brasil itu tanpa ampun merobek gawang yang dikawal kompatriotnya. 1-0 Madrid memimpin.

The Reds mencoba menambah daya gedor dengan memasukan Diogo Jota menggantikan Luis Diaz dan Roberto Firmino untuk Thiago Alcantara. Mereka terus menekan, menyerang dan membombardir gawang Los Blancos. Tapi, lagi-lagi, di sana masih ada Courtois, The Giraffe.

Lima menit menjelang waktu normal berakhir, Don Carlo mengganti Valverde dengan Eduardo Camavinga. Los Blancos mencoba mempertahankan kemenangan dengan bermain lebih aman.

Tak ada tambahan gol di menit tersisa. Usai Luka Modric digantikan Dani Ceballos dan Vinicius diganti Rodrygo Goes pada masa injury time, Los Blancos memastikan sebagai juara Eropa untuk ke-14 kalinya.