Preview Pertandingan 16 Besar Liga Champions Real Madrid Vs Liverpool: The Reds Butuh Keajaiban di Santiago Bernabeu
Liverpool akan bertandang ke markas Real Madrid pada leg kedua 16 besar Liga Champions. (Foto: Twitter/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA – Liverpool membutuhkan keajaiban untuk memperpanjang perjalanan mereka di Liga Champions 2022/2023 saat harus melakukan perjalanan ke Ibu Kota Spanyol untuk menghadapi Real Madrid di leg kedua babak 16 besar.

Partai besar ini akan berlangsung di markas kebanggaan Madrid yakni Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol, Kamis, 16 Maret 2023. Kick off atau sepak mula pertandingan dimulai pada pukul 03.00 WIB.

Pada leg pertama yang berlangsung di Anfield beberapa pekan lalu, tim asuhan Carlo Ancelotti berjuang dari ketertinggalan 0-2 untuk meraih kemenangan fenomenal 5-2.

Untuk itu, The Reds perlu mengukir kemenangan telak untuk merebut tiket perempat final. Namun, menggilas Los Blancos di kandang sendiri adalah misi yang hampir mustahil bisa dilakukan tim besutan Jurgen Klopp.

Meski hanya mendapat satu kemenangan saja di empat pertandingan berikutnya, Madrid tetaplah lawan yang rumit di kompetisi paling elit antarklub Eropa ini. Terlebih mereka adalah pengoleksi gelar terbanyak sekaligus juara bertahan.

Usai comeback di Anfield, juara bertahan La Liga itu gagal meraih kemenangan dalam tiga pertandingan domestik. Itu termasuk kekalahan 0-1 dari Barcelona di leg pertama semifinal Copa del Rey.

Namun, mereka kembali ke jalur yang benar dengan kemenangan 3-1 atas Espanyol di akhir pekan kemarin. Hasil yang membuat mereka bisa menyambut pasukan Klopp di hadapan pendukung sendiri dengan penuh kepercayaan diri.

Apalagi tim dengan koleksi 14 trofi Liga Champions Eropa itu (terbanyak dari tim lain) punya catatan positif setelah mengamankan kemenangan tandang pada leg pertama dari 27 pertandingan terakhir.

Dari jumlah pertandingan tersebut, mereka tercatat akhirnya memenangkan 26 pertandingan di antaranya di leg kedua. Tim itu cuma satu kali menelan kekalahan dari Ajax yang dilatih Erik ten Hag pada musim 2018/2019.

Tapi, di sisi lain, Liverpool juga pernah membuat comeback spektakuler di Eropa. Tercatat mereka pernah bangkit dari ketertinggalan 0-3 untuk mengalahkan Barcelona 4-3 secara agregat di musim kompetisi 2018/2019.

Akan tetapi, pasukan Klopp hanya memiliki dua kemenangan tandang yang bisa dibanggakan dari delapan pertandingan tandang mereka di tahun 2023. Selain itu, mereka tidak pernah menang dalam tujuh pertandingan melawan Real Madrid sejak melaju ke perempat final edisi 2008/2009.

Prediksi susunan pemain:

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Militao, Rudiger, Nacho; Modric, Tchouameni, Kroos; Valverde, Benzema, Vinicius Jr.

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Keita; Salah, Jota, Nunez; Gakpo.