6 Fakta Menarik Pasca Real Madrid Kalahkan Manchester City
Real Madrid sukses menembus final Liga Champions Eropa musim ini. (foto: INSTAGRAM @realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA — Real Madrid sukses menembus final Liga Champions Eropa musim ini usai menekuk Manchester City. Berikut sejumlah fakta menarik yang tercipta di pertandingan itu.

Madrid menembus laga pamungkas setelah menekuk City dengan skor 3-1 pada babak semifinal di Santiago Bernabeu, Spanyol, pada Kamis, 5 Mei 2022. Kemenangan itu membuat El Real lolos dengan unggul agregat 6-5.

City sebenarnya berada di atas angin setelah mencatat kemenangan 4-3 di Etihad pekan lalu dan unggul lewat gol Riyad Mahrez di menit ke-73 di Bernabeu. Namun, dua gol telat Rodrygo di menit ke-90 dan ke-91 membuat laga pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Di babak perpanjangan waktu Madrid menambah keunggulan lewat penalti Karim Benzema di menit ke-95. Kemenangan itu pun mengantar El Real ke partai terakhir bertemu Liverpool yang sebelumnya lolos usai mengandaskan Villarreal.

Berikut fakta-fakta menarik lain dari laga itu

Benzema telah mencetak tujuh gol Liga Champions Eropa melawan tim-tim Inggris musim ini; terbanyak oleh pemain dalam satu musim di sejarah kompetisi. Pemain Prancis itu juga telah mencetak empat gol dalam lima pertandingan sebelumnya melawan Liverpool di kompetisi tersebut.

Benzema juga telah mencetak 10 gol di fase knockout Liga Champions musim ini. Ia bergabung dengan mega bintang Cristiano Ronaldo yang membuat catatan tersebut pada musim 2016/2017 bersama Real Madrid.

Sejak 2003/2004 ketika babak 16 besar diperkenalkan, Real Madrid adalah tim pertama yang kalah di babak 16 besar (0-1 vs PSG), perempat final (2-3 vs Chelsea), dan semifinal (3-4 vs Man City) dalam satu musim dan masih mencapai babak final Liga Champions.

Rodrygo adalah pemain pertama yang mencetak dua gol pada menit ke-90 dalam pertandingan knockout Liga Champions Eropa. 

Riyad Mahrez kini telah mencetak 24 gol di semua kompetisi untuk Manchester City musim ini;  hanya Mohamed Salah (30 gol) yang mencetak lebih banyak untuk tim Liga Premier pada 2021/2022. 

Carlo Ancelotti mencapai final kelima Liga Champions Eropa dalam karirnya. Rinciannya 2003, 2005 dan 2007 bersama AC Milan serta 2014 dan 2022 bersama Real Madrid. Jumlah ini merupakan terbanyak dari manajer mana pun dalam sejarah kompetisi.