7 Fakta Menarik Semifinal Liga Champions Eropa 2022/2023
Skuad Manchester City, kembali bertemu Real Madrid di semifinal secara berturutan. (foto: twitter @mancityindo)

Bagikan:

JAKARTA – Empat tim telah memastikan diri lolos ke babak semifinal Liga Champions Eropa 2022/2023. Berikut ini tujuh fakta menarik babak empat besar kompetisi paling alit antarklub Eropa itu musim ini.

Dua tiket terbaru didapat oleh Manchester City dan Inter Milan. City lolos setelah mencegah langkah Bayern Munchen, sedangkan Inter memulangkan wakil Portugal, Benfica.

Sebelumnya, dua tiket sudah terlebih dahulu diamankan oleh Real Madrid dan AC Milan. Madrid mengalahkan Chelsea, sedangkan Rossoneri menghentikan sesama wakil Italia, Napoli.

Di semifinal nanti, Madrid yang merupakan juara bertahan akan berhadapan dengan City. Itu adalah duel ulangan semifinal musim lalu, di mana ketika itu Madrid kemudian lolos ke final untuk mengalahkan Liverpool.

Partai menarik semifinal musim ini adalah pertemuan dua tim sekota Italia, AC Milan dan Inter Milan. Kedua tim memiliki sejarah rivalitas sengit yang dikenal dengan Derby della Madonnina.

Berikut 7 fakta menarik semifinal Liga Champions Eropa 2022/2023:

Bentrok 5 kali semusim

Dua pertandingan semifinal di Liga Champions Eropa musim ini membuat AC Milan dan Inter untuk pertama kalinya dalam sejarah bertemu sebanyak lima kali dalam satu musim.

Ulangan semifinal musim lalu

Bentrok antara Real Madrid dan Manchester City merupakan ulangan semifinal musim lalu. Pada saat itu, City menang 4-3 di leg pertama, tetapi kalah 3-1 di leg kedua sehingga gagal ke partai final.

Sejak era Liga Champions pada 1991/1992, inilah kali pertama dua klub bersua di semifinal pada dua musim berturut-turut.

Pertemuan ketiga di semifinal

Ini adalah kali ketiga Manchester City dan Real Madrid bersua di babak semifinal. Sebelumnya, kedua klub bersua pada musim 2015/2016, di mana Madrid menang agregat 1-0.

Bentrok City vs Madrid pun menyamai pertemuan Liverpool vs Chelsea. Kedua laga ini hanya kalah dari jumlah pertemuan Madrid dengan Bayern Munchen yang sejak 1991/1992 telah berlangsung sebanyak 5 kali.

Derbi tersering di semifinal

Bentrok AC Milan dengan Inter Milan pada semifinal Liga Champions musim ini adalah derbi pertama dalam enam musim terakhir. Derbi terakhir sebelum ini adalah Real Madrid vs Atletico Madrid pada musim 2016/2017.

Derby della Madonnina Milan dan Inter menjadi derbi pertama yang tersaji dua kali di semifinal Liga Champions. Sebelumnya mereka bersua di musim 2002/2003, di mana Rossoneri lolos ke final.

Tiga pelatih Italia

Komposisi pelatih di semifinal Liga Champions Eropa musim ini cukup menarik. Dari empat tim yang lolos, tiga di antaranya ternyata ditangani oleh pelatih berkebangsaan Italia.

Tiga pelatih Italia yang akan berlaga di semifinal nanti adalah Stefano Pioli (AC Milan), Simone Inzaghi (Inter), dan Carlo Ancelotti (Real Madrid). Sementara itu, satu pelatih lain Pep Guardiola (Manchester City) berasal dari Spanyol.

Kali terakhir ada 3 pelatih dari satu negara di semifinal Liga Champions adalah pada 2019/2020. Saat itu Jerman mendominasi dengan keberadaan Thomas Tuchel (PSG), Hansi Flick (Bayern), dan Julian Nagelsmann (RB Leipzig).

Pelatih juara dan belum juara

Masih soal komposisi pelatih, ada fakta menarik lain. Dari empat pelatih di atas, dua di antaranya adalah pelatih yang sudah meraih gelar Liga Champions Eropa, sedangkan dua lainnya belum pernah.

Carlo Ancelotti adalah pelatih tersukses dengan koleksi empat gelar, diikuti oleh Pep Guardiola dua kali juara. Adapun Stefano Pioli dan Simone Inzaghi masih mengejar gelar perdana mereka di ajang ini.

Tim ketiga Inggris

Manchester City adalah tim Inggris ketiga yang lolos ke semifinal Liga Champions Eropa dalam tiga musim berturut-turut. Dua tim sebelumnya yang melakukan itu adalah Chelsea dan Manchester United (di periode 2006-07 sampai 2008-09).