Usai Menang di Liga Champions, Real Madrid Dibanjiri Rekor Ciamik
Toni Kroos, Casemiro dan Luka Modric sukses mengoleksi lima trofi Liga Champions bersama Real Madrid (Twitter @championsleague)

Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid berhasil menjadi juara Liga Champions 2021/2022 setelah mengalahkan Liverpool 1-0 di partai final pada Sabtu malam. Tak hanya sukses membawa pulang trofi Si Kuping Besar, sejumlah rekor juga berhasil dipecahkan Los Blancos.

Dalam partai final yang berlangsung di Stade de France, Paris pada Minggu, 29 Mei dini hari, Madrid menang berkat gol tunggal Vinicius Junior di menit ke-59.

Kemenangan ini membuat Madrid kembali menjadi jawara Eropa setelah terakhir kali mereka menyandang gelar ini di tahun 2017/2018. Pencapaian ini juga membuat Los Blancos makin unggul dari klub-klub lain dalam perolehan gelar juara level elite turnamen antarklub Eropa itu.

Selain gelar juara, Real Madrid juga berhasil memecahkan sejumlah rekor bersamaan dengan kemenangan ini. Dikutip dari Opta Jose, rekor pertama dalam kemenangan Madrid kali ini diberikan pada Vinicius Junior.

Sebagai pencetak gol tunggal, Vinicius juga tercatat sebagai pencetak gol termuda di partai final Liga Champions. Nama Vinicius masuk ke dalam jajaran lima besar pemain termuda yang mencetak gol di final Liga Champions bersamaa Patrick Kluivert, Carlos Alberto, Lars Ricken, dan Marco Asensio.

Rekor selanjutnya juga diraih oleh sang pelatih, Carlo Ancelotti. Setelah berhasil mengantarkan kemenangan untuk Real Madrid ia juga tercatat sebagai pelatih yang punya gelar juara Liga Champions terbanyak yaitu empat trofi dengan dua kemenangan di Madrid dan dua di AC Milan.

Dengan mengamankan gelar juara musim 2021/2022, sebanyak sembilan pemain Madrid juga mengoleksi lima gelar juara Liga Champions. Jumlah itu setara dengan gelar juara Barcelona di Liga Champions.

Selanjutnya, rekor datang untuk klub yang kini memiliki 14 trofi Liga Champions. Jumlah tersebut tercatat lebih banyak dua kali lipat dari klub-klub lain yang pernah juara Liga Champions.

Rincian catatan itu ialah Milan 7 kali, Bayern Munchen 6 kali, Liverpool 6 kali, Barcelona 5 kali, Ajax 4 kali, Manchester United 3 kali, Inter Milan 3 kali.

Pada kemenangan ini, Madrid juga mampu mencetak rekor penyelamatan terbanyak yang ditujukan untuk penjaga gawang mereka, Thibaut Courtois. Ia tercatat membuat sembilan penyelamatan saat melawan Liverpool di mana itu menjadi penyelamatan terbanyak dalam final Liga Champions sejak 2003/2004.

Pada musim ini, Courtois tercatat telah membuat total 59 penyelamatan di Liga Champions yang lagi-lagi menjadi penyelamatan terbanyak dalam semusim sejak 2003/2004.