Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan sarat gengsi tersaji di matchday kedua Grup B Euro 2024. Dua kandidat juara, yaitu Spanyol dan Italia, akan bertemu. Pertandingan akan berlangsung di Veltins-Arena pada Jumat, 21 Juni 2024, pukul 02.00 WIB.

Laga ini berpotensi menjadi penentu tim mana yang berhak menduduki puncak klasemen Grup B. Apalagi, baik Spanyol dan Italia, sama-sama dalam tren positif usai mendulang kemenangan di laga perdana grup.

Spanyol sebelumnya mampu menang 3-0 atas Kroasia, sementara Italia mengalahkan Albania 2-1 setelah lebih dulu kebobolan.

Pertemuan Spanyol vs Italia bukan hanya bicara tentang gengsi, tapi juga kualitas para pemain tiap tim.

Jika melihat statistik laga sebelumnya, Spanyol diunggulkan karena dominasi atas sang lawan. Formasi yang padu di laga lawan Kroasia juga bukan tak mungkin kembali diterapkan pada laga melawan Italia nanti.

Namun, Italia juga patut diwaspadai karena tim asuhan Luciano Spalletti itu diprediksi akan memainkan pressing tinggi, permainan keras, dan spartan. Sang pelatih bisa saja menginstruksikan trio gelandang yang diisi Frattesi, Jorginho, dan Barella untuk bergerak cepat menutup ruang kosong di lini tengah.

Di sisi lain, pertemuan Spanyol vs Italia ini pun menjadi momen pertarungan sengit antara dua pemain muda masing-masing tim yang tengah naik daun, Yamine Lamal dan Pellegrini. Keduanya menjadi sorotan usai tampil mengesankan di laga perdana masing-masing tim.

Menghadapi Italia, Spanyol punya rekor lebih mentereng karena La Furia Roja tak terkalahkan di lima pertemuan terbaru mereka. Kekalahan terakhir terjadi di Euro 2016 dengan skor 0-2.

Bentrok dengan Gli Azzurri, Luis De la Fuente selaku pelatih Spanyol diperkirakan akan mempertahankan starting XI yang sama dengan sebelumnya. Meski Alvaro Morata menderita cedera ringan saat menghadapi Kroasia, dia diharapkan bisa tetap tampil di laga nanti.

Sementara Luciano Spalletti mungkin akan melakukan beberapa perubahan. Soalnya, Federico Chiesa mengalami cedera saat lawan Albania, tapi sang pemain juga diharapkan bisa fit untuk partai kontra Spanyol.

Pertemuan Spanyol vs Italia menjadi pertemuan kelima beruntun di Euro. Pada pertemuan terakhir tahun 2021, laga berakhir dengan kemenangan Italia lewat adu penalti.