Bagikan:

JAKARTA - Portugal tertinggal lebih dulu sebelum memenangkan pertandingan Grup F Euro 2024 melawan Rep. Ceko dengan skor 2-1. Gelandang Vitinha mengakui tim kadang bermain ceroboh sehingga mengalami kesulitan meraih kemenangan.

Portugal butuh gol di menit terakhir untuk menaklukkan Ceko yang bermain ngotot dan tak menyerah dalam pertandingan di Stadion Leipzig, Rabu, 19 Juni 2024 dini hari WIB.

Bahkan Ceko unggul lebih dulu saat gelandang Lukas Provod mencetak gol indah di menit 62. Portugal sendiri baru bisa menyamakan kedudukan setelah laga memasuki menit 70. Gol pertama Portugal pun akibat bunuh diri bek Robin Hranac

Portugal sempat berbalik unggul saat Diogo Jota membobol gawang Ceko yang dikawal Jindrich Stanek. Hanya, gol itu dianulir karena sang kapten, Cristiano Ronaldo dalam posisi offside.

Saat lag diperkirakan berakhir imbang, pemain pengganti Francisco Conceicao tampil sebagai penyelamat. Gol itu juga disebabkan kesalahan Hranac yang hendak membuang menahan bola.

Namun bola malah lepas dari kakinya dan menjadi liar yang langsung disambar Conceicao. Skor 2-1 untuk Portugal yang bertahan sampai akhir laga.

Gelandang Portugal Vitinha yang terpilih sebagai man of the match menuturkan kemenangan yang diraih tidak terlepas dari semangat pemain yang pantang menyerah sampai akhir laga.

"Beruntung, kami bisa menyamakan kedudukan [setelah tertinggal lebih dulu]. Kami memang tak menyerah sebelum pertandingan berakhir. Kami juga yakin mampu membalikkan keadaan," ucap Vitinha.

Hanya saja, gelandang Paris Saint-Germain ini mengakui tim kadang bermain ceroboh. Ini yang menjadikan Ceko bisa unggul lebih dulu. Menurut dia Portugal tetap butuh pembenahan untuk menghadapi laga berikutnya.

"Kami berharap bisa bermain lebih baik lagi. Tetapi ini memang pertandingan pertama. Pemain sangat antusias, tetapi kami memang kadang menjadi ceroboh," ujar dia.

"Namun secara keseluruhan organisasi permainan kami sangat bagus dan kami bermain sesuai rancangan permainan," kata Vitinha yang ditarik keluar di menit 90 untuk digantikan Conceicao. Menariknya, pemain yang menggantikannya yang kemudian menjadi penentu kemenangan Portugal.

Sementara, pelatih Ceko Ivan Hasek menyayangkan tim gagal menuntaskan pertandingan dengan kemenangan.

Apalagi, Ceko mampu menyulitkan Portugal di sepanjang pertandingan sebelum akhirnya kebobolan dua gol pada paruh kedua babak kedua pertandingan.

"Harus diakui sangat disayangkan kami gagal menuntaskan pertandingan ini. Hampir saja [menang]. Kami sempat menyulitkan Portugal yang merupakan salah satu tim terbaik di dunia," kata Hasek.

Portugal akan meghadapi Turki pada laga selanjutnya, Sabtu, 22 Juni 2024 malam WIB. Turki sendiri menduduki puncak klasemen Grup F setelah menang 3-1 atas Georgia

Sementara, Ceko harus memenangkan laga melawan Georgia. Bila menang, Ceko masih punya peluang bersaing memperebutkan tiket ke babak selanjutnya.