Bagikan:

JAKARTA - Setelah memulai kampanye UEFA Nations League mereka dengan kemenangan, Portugal akan mencari kemenangan kedua pada Minggu malam 8 September saat mereka menjamu Skotlandia di Estadio da Luz.

Gol bersejarah dari Cristiano Ronaldo membantu Selecao meraih poin penuh di Grup A Liga 1, sementara Skotlandia kembali mengalami kekalahan di menit-menit akhir.

Gol awal dari Diogo Dalot membuka jalan bagi Cristiano Ronaldo untuk mencetak gol ke-900 dalam kariernya pada Kamis lalu, saat Portugal mengamankan kemenangan 2-1 dalam pembuka Nations League mereka melawan Kroasia. Dalot mencetak gol setelah menerima umpan dari Bruno Fernandes, sebelum Ronaldo menambah keunggulan tim. Namun, gol bunuh diri Dalot membuat Kroasia memperkecil jarak.

Setelah tersingkir di perempat final Euro 2024, Portugal memberikan respons positif dengan kemenangan ini. Pelatih Roberto Martinez bertekad untuk membawa Portugal meraih gelar, yang pernah mereka menangkan pada 2019. Kemenangan di kandang dalam dua pertandingan berturut-turut akan sangat penting, dan bahkan posisi kedua di grup sudah cukup untuk lolos ke perempat final dalam format baru UEFA.

Di sisi lain, Skotlandia, yang ditangani oleh Steve Clarke, mengalami kekalahan dramatis saat melawan Polandia. Meskipun sempat menyamakan kedudukan melalui gol dari Billy Gilmour dan Scott McTominay, mereka akhirnya kalah 3-2 akibat penalti di menit akhir.

Skotlandia saat ini berada di bawah tekanan besar, setelah hanya meraih satu kemenangan dalam 13 pertandingan sepanjang 2024, termasuk tersingkirnya mereka dari Euro 2024 dengan hanya satu poin dari tiga pertandingan. Mereka harus menghindari kekalahan jika tidak ingin terdegradasi dari Liga A Nations League.

Pelatih Portugal, Roberto Martinez, mungkin akan melakukan rotasi dalam skuadnya. Pedro Goncalves dan Francisco Trincao bersaing dengan Rafael Leao dan Pedro Neto untuk posisi penyerang yang mendukung Cristiano Ronaldo. Sementara itu, Nelson Semedo dan Joao Neves bisa mendapatkan tempat di starting XI setelah diperkenalkan di babak kedua melawan Kroasia.

Skotlandia, tanpa kapten Callum McGregor yang pensiun dari tim nasional, kemungkinan akan menurunkan susunan pemain yang sudah dikenal. Penyerang Torino, Che Adams, terpaksa mundur karena cedera, sehingga Lawrence Shankland atau Lyndon Dykes akan menjadi penyerang utama. Scott McTominay, yang mencetak gol ke-10 internasionalnya melawan Polandia, bisa menjadi ancaman utama di belakang penyerang.

Prakiraan Susunan Pemain

Portugal (4-2-3-1):

Costa; Dalot, Dias, A. Silva, Mendes; Neves, Vitinha; B. Silva, Fernandes, Leao; Ronaldo

Skotlandia (4-2-3-1):

Gunn; Ralston, Hanley, McKenna, Robertson; McClean, Gilmour; McGinn, McTominay, Christie; Dyke