Piala Dunia 2022: Singkirkan Portugal, Maroko Jadi Tim Pertama Afrika yang Lolos ke Semifinal
Timnas Maroko menyingkirkan Portugal di babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu, 10 Desember. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Maroko tak berhenti membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar. Setelah menjungkalkan Spanyol di 16 besar, kali ini Portugal yang dibungkam pada babak perempat final, Sabtu, 10 Desember.

Maroko menang dengan skor tipis 1-0 atas Seleccao de Quinas. Skor yang sudah cukup mengantarkan mereka ke babak semifinal.

Ini menjadi sejarah buat Singa Atlas yang untuk pertama kalinya lolos ke babak empat besar. Mereka tercatat sebagai tim Afrika pertama yang berada di semifinal.

Portugal sebenarnya begitu dominan di babak pertama. Seleccao das Quinas membuat Maroko lebih banyak bertahan.

Beberapa peluang pun diciptakan Portugal. Namun, tak ada ancaman berarti meski sempat membuat lini pertahanan Maroko kerepotan.

Keasyikan menyerang, Portugal justru kecolongan pada menit ke-42. Menerima umpan silang dari Attia Allah, En-Nesyri membobol gawang Diogo Costa lewat sundulan.

Bruno Fernandes nyaris menyamakan kedudukan jelang akhir babak pertama. Sayang, bola hasil sepakan kaki kanannya hanya membentur mistar gawang. Skor 1-0 untuk Maroko bertahan hingga jeda.

Pada awal babak kedua, Maroko nyaris menambah keunggulan. Beruntung bagi Portugal, Diogo Costa masih sigap menghalau bola yang datang dari tendangan bebas.

Perubahan dilakukan Fernando Santos pada menit ke-51. Joao Cancelo dan Cristiano Ronaldo dimainkan demi menambah daya dobrak timnya.

Cancelo menggantikan Raphael Guerreiro, sedangkan Ronaldo masuk menggantikan Ruben Neves. Kehadiran keduanya memberikan sedikit dampak meskipun belum signifikan.

Bruno Fernandes mendapatkan kesempatan emas memasuki menit ke-63. Dia dalam posisi menguntungkan untuk melepaskan tembakan. Namun, akurasi masih jadi masalah.

Maroko yang sudah unggul, total bertahan di babak kedua ini. Hal tersebut membuat Pepe dan kawan kawan kesulitan menembus gawang yang dikawal Bounou.

Bounou membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-82. Dia menepis bola hasil tendangan keras Joao Felix yang mengarah tepat ke gawangnya.

Pada menit ke-90, Ronaldo nyaris saja membuat kedudukan berubah imbang. Tapi lagi-lagi, Bounou masih sigap dalam mengamankan gawangnya dari ancaman sang mega bintang.

Maroko harus bermain dengan 10 orang di menit ke-90+3 setelah Walid Cheddira mendapatka kartu kuning kedua.

Portugal habis-habisan menekan pertahanan Maroko. Namun, hingga wasit mengakhiri pertandingan, skor 1-0 untuk Maroko pun tetap tak berubah.

Susunan pemain

Maroko (4-3-3): Yasin Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Romain Saiss, Yahya Attiat-Allah; Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi, Selim Amallah; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal

Portugal (4-2-3-1): Diogo Costa; Diogo Dalot, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Ruben Neves, Otavio; Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix; Goncalo Ramos