<i>Preview</i> Perempat Final Piala Dunia 2022, Maroko Vs Portugal: Atlas Lions Bisa Siapkan Kejutan
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Portugal akan bersua Maroko dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Duel ini memperebutkan tiket semifinal ketiga kompetisi empat tahunan itu.

Kedua negara akan bersua di Stadion Al Thumama, Sabtu, 10 Desember pukul 22.00 malam WIB.

Maroko bakal berusaha melangkah sejauh mungkin setelah mencapai delapan besar untuk pertama kalinya.

Atlas Lions lolos ke babak ini setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit melawan Spanyol.

Mereka lalu menang melawan juara dunia 2010 lewat babak adu penalti.

Sementara itu, Selecao das Quinas tampil benar-benar beda untuk mengalahkan Swiss di babak 16 besar. Mereka total menyarangkan setengah lusin gol dan cuma dibobol satu kali saja.

Mengejutkan timnas Spanyol membuat Maroko pun menjadi tim Afrika keempat yang mencapai delapan besar di Piala Dunia dan yang pertama dalam 12 tahun sejak Ghana di edisi 2010 di Afrika Selatan.

Satu-satunya penampilan Atlas Lions sebelumnya di babak 16 besar terjadi pada tahun 1986.

Selain itu, mereka juga memperpanjang rekor tak terkalahkan di Piala Dunia menjadi lima pertandingan sekaligus mempertahankan clean sheet keenam dari tujuh laga terakhir mereka.

Perjalanan mereka di Qatar tahun ini pun sangat luar biasa. Mereka mengatasi tim kuat Kroasia dan Belgia dan mengoleksi tujuh poin untuk duduk di posisi paling atas grup.

Dengan demikian, Maroko tentu sudah pasti menyiapkan kejutan berikutnya melawan Portugal untuk mendekatkan perjalanan mereka dengan trofi paling bergengsi itu di babak semifinal.

Di sisi lain, Portugal sukses melangkah sejauh ini saat pelatih mereka Fernando Santos berani mencadangkan Cristiano Ronaldo melawan Swiss. Hasilnya ia pun menikmati kemenangan terbesar perdananya sejak menjuarai Piala Eropa 2016 silam.

Tanpa superstar dan sang kapten, Portugal membangun serangan yang jauh lebih mobile dan proaktif. Hasilnya, bintang muda Benfica Goncalo Ramos yang dipasang di posisi Ronaldo sukses mencetak trigol.

Setelah mengamankan tiga kemenangan dan membuat 12 gol atas nama mereka, Portugal tampaknya percaya dirinya bisa mengangkat trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Maroko (4-3-3): Bounou; Hakimi, Saiss, Aguerd, Mazraoui; Ounahi, Amrabat, Amallah; Ziyech, En-Nesyri, Boufal.

Portugal (4-3-3): Costa; Dalot, Pepe, Dias, Guerreiro; B.Silva, Carvalho, Otavio; Fernandes, Ramos, Felix.