Perempat Final Piala Dunia 2022: Sengit, Argentina Kalahkan Belanda Lewat Adu Tos-tosan
Lionel Messi (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Laga babak perempat final antara Belanda versus Argentina yang berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Jumat malam waktu setempat dimenangkan Argentina 4-3 lewat adu penalti.

Pada masa normal dan extra time, kedua tim berbagi bola 2-2. Gol Tim Tango dicetak oleh Nahuel Molina dan Lionel Messi. Sedangkan Oranye membalas lewat brace Wout Weghorst.

Argentina menguasai pertandingan pada menit-menit awal. Tapi tak ada satu pun tendangan yang mengarah ke gawang Belanda. Pada menit 21 percobaan Lionel Messi dari luar kotak penalti melambung ke kiri atas gawang Belanda.

Berselang dua menit, Steven Bergwijn membalas lewat skema serangan balik. Tapi tendangannya pun menyamping ke kanan gawang Emiliano Martinez.

Gol yang ditunggu-tunggu penggemar Albiceleste hadir pada menit 34. Melihat pergerakan tanpa bola bek kanan Molina, Messi dengan jeli mengirim bola ke dalam kotak penalti.

Bek Atletico Madrid itu langsung mendorong bola ke gawang Andries Noppert dan membawa Argentina memimpin satu bola hingga jeda turun minum.

Pada babak kedua ment 62, La Pulga nyaris menggandakan keunggulan Albiceleste melalui tendangan bebas dari tepi kotak penalti. Namun, tendangannya melambung tipis dari mistar gawang Belanda.

Berselang delapan menit, Marcos Acuna dijatuhan Denzel Dumfries di dalam kotak penalti. Messi yang jadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyami rekor Gabriel Batistuta di Piala Dunia dengan 10 gol sekaligus membawa Argentina unggul 2-0.

Belanda memperkecil kekalahan pada menit 83 setelah Wout Weghorst sukses menanduk bola umpan silang Steven Berghuis dari sisi kiri pertahanan Tim Tango. 

Pada masa injury time, German Pezzella melakukan kesalahan dengan mendorong pemain Belanda di tepi kotak penalti sehingga menghasilkan tendangan bebas.

Weghorst memanfaatkan umpan cerdik Teun Koopmeiners yang melakukan umpan datar menyusur tanah untuk menaklukkan Emiliano Martinez. Skor 2-2 membawa pertandingan ke babak tambahan waktu.

Setelah bermain selama 30 menit, kedua tim tidak mampu menjebol gawang. Pemenang pun harus ditentukan dengan tos-tosan.

Argentina menang 4-3 setelah dua algojo Belanda gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Mereka akan menghadapi Kroasia di semifinal yang secara mengejutkan mendepak Brasil lewat adu penalti.

Susunan pemain:

Belanda: Noppert, Timber, van Dijk, Ake, Dumfries, de Roon, Frenkie de Jong, Blind, Gakpo, Depay, Bergwijn.

Cadangan: Pasveer, de Ligt, de Vrij, Luuk de Jong, Berghuis, Lang, Bijlow, Klaassen, Malacia, Janssen, Weghorst, Koopmeiners, Taylor, Simons, Frimpong.

Argentina: Emiliano Martinez, Molina, Romero, Otamendi, Lisandro Martinez, Acuna, De Paul, Fernandez, Mac Allister, Alvarez, Messi.

Cadangan: Armani, Foyth, Tagliafico, Montiel, Paredes, Pezzella, Di Maria, Rulli, Palacios, Correa, Almada, Gomez, Rodriguez, Dybala, Lautaro Martinez.