Neymar Isyaratkan Pensiun dari Timnas Brasil
Pemain Brazil Neymar merayakan gol kedua pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Korea Selatan di Stadium 974, Doha, Qatar. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Neymar mengisyaratkan pensiun dari timnas Brasil setelah negaranya tersingkir di babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Brasil yang diunggulkan menjuarai kompetisi paling bergengsi itu tersingkir setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit melawan Kroasia sebelum kalah 2-4 lewat adu penalti di Stadion Education City, Jumat, 9 Desember malam WIB.

"Saya tidak menutup pintu apa pun di tim nasional, tetapi saya juga tidak menjamin 100 persen bahwa saya akan kembali," kata Neymar dilansir The National.

"Saya perlu berpikir lebih banyak tentang ini, tentang apa yang tepat untuk saya dan untuk tim nasional," tambah pemain berusia 30 tahun tersebut.

Neymar menyamai rekor 77 gol milik Pele untuk Brasil saat membawa tim untuk unggul atas Kroasia.

Namun, Bruno Petkovic menyamakan kedudukan untuk memaksa laga berlanjut ke babak tos-tosan.

Di babak adu penalti, Rodrygo dan Marquinhos gagal menjalankan tugas, sedangkan Kroasia sukses menjaring empat usaha mereka untuk mengeliminasi Brasil pada babak yang sama seperti di Rusia empat tahun lalu.

"Perasaan yang mengerikan, saya pikir ini adalah perasaan yang lebih buruk daripada yang terjadi di Piala Dunia lalu. Sulit menemukan kata-kata untuk menggambarkan momen ini," ujar Neymar.

"Kami berjuang dan saya bangga dengan rekan setim saya, bangga dengan karakter yang mereka tunjukkan untuk maju dan mengambil penalti," imbuh dia.

Kroasia yang lolos selanjutnya akan berhadapan dengan Argentina di babak semifinal pada Rabu, 14 Desember.

Argentina sendiri lolos setelah menang adu penalti melawan Belanda.