Piala Dunia 2022: Livakovic Jadi Pahlawan, Kroasia Singkirkan Brasil Lewat Adu Penalti
Dominik Livakovic, pahlawan Kroasia dalam adu penalti (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Kroasia melanjutkan kiprah mereka di Piala Dunia 2022 Qatar dengan menyingkirkan Brasil di babak perempat final, Jumat, 9 Desember.

Kroasia merebut tiket ke babak semifinal setelah memenangi pertarungan melawan Selecao lewat adu penalti. Skor akhir pun 5-3 (4-2 adu penalti). 

Pertarungan sengit terjadi di babak pertama. Kedua tim berbagi sama rata dalam penguasaan bola.

Namun, Brasil lebih banyak mencetak peluang. Tercatat ada tiga kesempatan yang dibuat Selecao. Namun, semua mentah di tangan kiper Kroasia, Dominik Lovakovic.

Pada babak kedua, Brasil terus memberikan tekanan. Ancaman demi ancaman dibuat pasukan Tite ke gawang Vetrani.

Meski demikian, peluang demi peluang yang didapat selalu gagal. Lovakovic menjadi tembok kokoh di bawah mistar gawang Kroasia.

Skor 0-0 pun bertahan hingga waktu normal berakhir dan laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Kebuntuan Brasil pecah di babak tambahan. Adalah Neymar yang membuat Selecao akhirnya mencetak gol pembuka di pertandingan ini.

Berawal dari permainan satu dua dengan Lucas Paqueta, Neymar dengan tenang mengecoh Livakovic dan menjebol gawang Kroasia di menit akhir babak tambahan yang pertama.

Namun, kemenangan Brasil yang sudah di depan mata, buyar begitu saja. Melalui skema serangan balik, Kroasia berhasil membalas pada menoit ke-117 lewat gol Bruno Petkovic.

Pertandingan pun harus dilanjutkan lewat adu penalti. Livakovic menjadi bintang Kroasia. Dia menepis satu algojo Brasil, yakni Rodrygo. 

Sementara Marquinhos membentur tiang gawang. Kroasia pun menang 4-2 atas Brasil di babak tos-tosan.

Hasil Adu Penalti

Kroasia

Vlasic gol

Majer gol

Modric gol

Orsic gol

Brasil

Rodrygo gagal

Casemiro gol

Pedro gol

Marquinhos gagal

Susunan pemain:

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic (GK); Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric (C), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Mario Pasalic, Andrej Kramaric, Ivan Perisic.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Brazil (4-2-3-1): Alisson Becker (GK); Eder Militao, Thiago Silva (C), Marquinhos, Danilo; Lucas Paqueta, Casemiro; Neymar, Raphinha, Vinicius Junior; Richarlison.

Pelatih: Tite (Brasil)