5 Fakta Duel Argentina Versus Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022 Qatar
Emiliano Martinez (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA — Tim nasional Argentina akan bersua dengan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 Qatar dini hari nanti. Berikut ini lima fakta menarik seputar pertandingan tersebut.

Duel kedua negara itu akan berlangsung di Stadion Lusail, Rabu, 14 Desember 2022 pukul 02.00. Argentina diunggulkan menang, tapi Kroasia bisa saja membuat repot mereka.

Albicelestes memulangkan Belanda di delapan besar. Setelah laga berakhir 2-2 di perpanjangan waktu, penjaga gawang Emiliano Martinez menggagalkan eksekusi Virgil van Dijk dan Steven Berghuis untuk membantu Argentina menang 4-3 melalui adu penalti.

Kroasia juga mengatasi pemegang rekor juara lima kali Brasil di perempat final melalui adu penalti. Mereka bermain imbang 1-1 setelah perpanjangan waktu sebelum finalis Piala Dunia 2018 Rusia itu memenangkan adu penalti 4-2.

Berikut fakta duel Argentina vs Kroasia:

Pertama: Argentina tidak pernah tersingkir dari Piala Dunia di babak empat besar. Total mereka sudah lima kali ke laga pamungkas, terakhir terjadi di turnamen 2014 lalu di Brasil sebelum kekalahan menyakitkan dari Jerman.

Dari lima kesempatan ke final itu, Argentina dua kali keluar sebagai juara dan tiga kali menjadi runner up. Selain di Brasil, mereka juga runner up di tahun 1930 dan 1990 (kalah dari Uruguay dan Jerman Barat).

Kedua: Kroasia luar biasa mencapai final Piala Dunia 2018 tanpa memenangkan pertandingan sistem gugur mereka dalam waktu normal. Sejarah itu hampir terulang kembali untuk The Checkered Ones, yang sekarang tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan menjelang pertarungan mereka dengan Argentina.

Ketika di Rusia Kroasia menyingkirkan Denmark (babak 16 besar) dan Rusia (perempat final) lewat adu penalti sebelum mengunci kemenangan atas Inggris di semifinal lewat perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Sementara itu, di Qatar mereka memulangkan Jepang (babak 16 besar) dan Brasil (delapan besar) semuanya lewat adu penalti. Ini seperti yang terjadi empat tahun lalu.

Ketiga: Kroasia tidak pernah gagal mencetak gol dalam 10 pertandingan di babak knockout Piala Dunia.

Keempat: Kroasia otomatis akan berada di daftar tim elit jika mereka dapat maju ke final. Dalam sejarah Piala Dunia, hanya Italia, Belanda, dan Jerman yang pernah mencapai final back-to-back.

Kelima: Argentina dan Kroasia telah bertemu dua kali sebelumnya di babak grup Piala Dunia, dengan La Albiceleste menang 1-0 pada tahun 1998, tetapi The Checkered Ones memastikan kemenangan 3-0 yang mengesankan atas Argentina di babak grup di Rusia empat tahun lalu.