Bagikan:

JAKARTA - Brasil meraih kemenangan penting di laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Serikat. Tampil di kandang sendiri di Stadion Major Antonio Couto Pereira, Curitiba, Sabtu, 7 September 2024 pagi WIB, Brasil menang tiis 1-0 atas Ekuador lewat gol tunggal Rodrygo.

Brasil harus bekerja keras sebelum menghentikan perlawanan Ekuador. Di laga itu, pelatih Dorival Junior tidak menurunkan komposisi pemain terbaik di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pemain depan Raphinha tidak masuk skuat. Namun Dorival memasukkan Lucas Paqueta yang bermain di belakang Rodrygo sebagai centre forward. Paqueta didampingi dua sayap Vinicius Junior dan Luis Henrique. Sedangkan Endrick dibangkucadangkan.

Selain itu bintang muda Estevao Willian mendapat kesempatan melakukan debut di pertandingan internasional. Bahkan pemain yang akan bergabung dengan Chelsea setelah direkrut dari Palmeiras ini untuk kali pertama dimainkan saat menggantikan Henrique.

Estevao menjadi pemain muda berikutnya di timnas Brasil yang melakukan debut. Dirinya berusia 17 tahun 139 hari dalam debutnya dan mengalahkan salah satu legenda Selecao Ronaldo.

Hanya, Estevao masih kalah muda dibandingkan Endrick yang melakukan debut di usia 17 dan 118 hari.

Meski harus bekerja keras, Brasil akhirnya mampu memenuhi target kemenangan saat bermain di kandang sendiri. Gol satu-satunya dihasilkan bintang Real Madrid Rodrygo yang menyambut assist Paqueta di menit 30.

Setelah gol itu, Brasil mengalami kesulitan membongkar pertahanan Ekuador yang mengandalkan trio Piero Hincapie Willian Pacho dan Felix Torres.

Sementara di tengah ada gelandang Chelsea Moises Caicedo yang menghidupkan permainan lini tengah Ekuador. Dia bahu-membahu bersama Jeremy Sarmiento, gelandang Brighton and Hove Albion yang musim ini dipinjamkan ke Burnley.

Sayangnya, Ekuador gagal mengonversi setiap peluang menjadi gol. Alhasil, mereka harus menelan kekalahan kedua selama kualifikasi.

Kekalahan itu juga menjadikan Ekuador tertahan di peringkat enam dengan poin delapan. Sementara, Brasil naik ke posisi empat setelah memiliki poin 10. Mereka terpaut delapan poin dari pemuncak klasemen Argentina.

Meski demikian Brasil sudah masuk ke zona Piala Dunia 2026. Dari zona tersebut, hanya enam tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia yang digelar di tiga negara berbeda, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.