Bagikan:

JAKARTA - Juru bicara PDIP, Chico Hakim mengungkap alasan dibalik terpilihnya komedian Cak Lontong hingga pemeran Sarah di serial Si Doel, Cornelia Agatha, dalam jajaran tim pemenangan Pramono Anung-Rano Karno untuk Pilkada Jakarta. Menurutnya, pemilihan publik figur menjadi salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk memenangkan kontestasi politik. 

"Bagi kami menarik para pesohor, istilahnya orang-orang yang sudah dikenal tentu memudahkan sosialisasi ke masyarakat. Namun tidak cukup itu, kita harus juga selektif memilih tokoh-tokoh tersebut," ujar Chico kepada wartawan, Sabtu, 7 September. 

Chicko menjelaskan, Cak Lontong merupakan seorang insinyur sekaligus budayawan yang kritis. Namun, kata dia, konten kritis itu disampaikan dengan gaya yang lucu dan ringan sehingga bisa diterima masyarakat.

"Kalau kita bicara soal Cak Lontong misalnya, dia seorang insinyur dan sebagai seniman dan budayawan dan konten-konten komedi yang disampaikan banyak yang terkait kritik sosial, kritik ketidakadilan, disampaikan dengan cara lucu dan ringan, sesungguhnya menyimpan begitu banyak pesan mendalam. Artinya juga adalah orang yang concern terhadap kehidupan politik saat ini, kehidupan berbangsa dan bernegara yang juga memperbaiki keadaan," jelasnya.

Di sisi lain, Cak Lontong juga memiliki relasi baik dengan para tokoh PDIP, termasuk Pramono dan Rano. Sehingga Cak Lontong dianggap sepenuh hati bergabung menjadi timses. 

"Cak Lontong mempunyai hubungan baik dengan kami PDIP dan para tokoh maju seperti Mas Pram dan Rano, jadi bukan ujug ujug. Beliau juga sangat semangat dan bersedia sepenuh hati bergabung sama kita," kata Chico.

Sementara Cornelia Agatha, lanjut Chico, selain serius menjalankan bidang seni, pemeran Sarah di serial 'Si Doel' itu juga seorang advokat yang sering mengadvokasi kepentingan anak. 

"Beliau juga tergabung di Komnas Perlindungan Anak yang concern dengan anak jalanan dan difabel dan banyak melakukan advokasi ke mereka yang terpinggirkan," ungkapnya.

Chico berharap, bergabungnya artis pemeran serial 'Si Doel' bisa mempermudah sosialisasi di tengah masyarakat agar cepat memahami visi misi yang disampaikan Pramono-Rano. 

"Terkait program unggulan kami sedang siapkan, kami belum merampungkan visi misi kami yang akan nanti setelah penetapan calon akan kita umumkan," pungkasnya.