Bagikan:

JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin akan segera menyambut para penggemar Spanyol dan Inggris untuk final Euro 2024 yang sangat dinanti pada Minggu, 14 Juli, di mana trofi Henri Delaunay akan menemukan pemilik barunya.

Sementara La Roja sudah tiga kali menjadi juara Eropa dan bisa mencetak rekor baru dengan kemenangan di ibu kota Jerman, Inggris belum pernah menaklukkan benua biru sebagai tim senior pria.

Hanya 90 menit yang mungkin memisahkan kedua tim dari sepotong kejayaan, tetapi jika tidak ada yang memisahkan mereka setelah satu setengah atau bahkan dua jam aksi yang melelahkan, takdir gelar Piala Eropa akan ditentukan dari titik penalti.

Untuk membangkitkan selera Anda menjelang adu penalti yang mendebarkan, VOI akan membandingkan catatan penalti Spanyol dan Inggris menjelang final yang menggoda pada hari Minggu dikutip dari Sports Mole.

Rekor Penalti Inggris

Dikenal karena kurangnya keahlian mereka dari titik penalti, Inggris kini telah ambil bagian dalam 11 adu penalti di turnamen besar dan secara tradisional gagal mengatasi tekanan besar. The Three Lions, hanya memenangkan empat di antaranya.

Namun, tiga dari empat kemenangan tersebut dari titik penalti terjadi sejak Piala Dunia 2018, di mana Inggris mengakhiri streak lima kekalahan beruntun adu penalti dengan mengalahkan Kolombia di babak 16 besar, tak lama sebelum mengalahkan Swiss dari titik penalti di playoff peringkat ketiga Liga Bangsa-Bangsa 2018-19.

Penalti Trent Alexander-Arnold 

Sejarah terulang kembali untuk Swiss beberapa hari yang lalu, di mana hanya untuk kedua kalinya, The Three Lions mencatatkan tingkat keberhasilan 100% dari titik penalti untuk menang dalam perempat final yang mendebarkan.

Tidak satu pun pendukung Inggris akan lupa kesedihan yang ditimbulkan oleh Italia di bawah lengkungan Wembley tiga tahun yang lalu, di mana Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal mengeksekusi penalti yang memadamkan impian Euro 2020 Inggris, sebelum mereka mengalami pelecehan rasial online yang menyakitkan.

Sebelum menghilangkan kutukan penalti mereka melawan Kolombia, Inggris selalu gagal dari titik penalti; lihat Italia di Euro 2012, Portugal di Piala Dunia 2006, Portugal di Euro 2004, Argentina di Piala Dunia 1998, dan Jerman di Euro 1996.

The Three Lions juga kehilangan adu penalti perdana mereka dari Jerman Barat di Italia 90, dan hanya satu dari tujuh adu penalti pertama mereka yang berakhir dengan Inggris maju, tetapi tidak ada hadiah untuk menebak siapa lawannya.

Rekor Penalti Spanyol

Spanyol seharusnya memiliki dendam 12-yard dalam pikiran mereka minggu ini, 28 tahun setelah tersingkir dari perempat final Euro 1996 oleh The Three Lions melalui adu penalti, tetapi rekor keseluruhan mereka dalam adu penalti lebih menyenangkan.

La Roja telah memenangkan lebih dari setengah adu penalti mereka di turnamen besar - memenangkan tujuh dari 13, termasuk yang paling baru dalam final Liga Bangsa-Bangsa tahun lalu melawan Kroasia.

Spanyol memperbaiki beberapa kesalahan penalti sebelumnya hari itu, setelah gagal mencetak gol dari titik penalti dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Maroko, serta mimpi Euro 2020 mereka yang dihancurkan oleh Italia di semifinal melalui adu penalti.

Namun, empat dari enam adu penalti La Roja di Kejuaraan Eropa melihat tiga kali juara menang, termasuk tiga kali berturut-turut pada tahun 2008 (Italia QF), 2012 (Portugal SF), dan 2020 (Swiss QF).

Dengan catatan ini, para penggemar sepak bola dapat menantikan laga final yang mendebarkan antara Spanyol dan Inggris di Euro 2024