Bagikan:

JAKARTA – Kosta Rika memiliki harapan sangat tipis untuk bisa lolos ke babak perempat final Copa America 2024 ketika bersua dengan Paraguay di laga terakhir Grup D.

Partai ini akan tersaji di Q2 Stadium, Austin, Texas, Amerika Serikat, pada Rabu, 3 Juli 2024, pukul 08.00 WIB. Kosta Rika masih punya kesempatan, sedangkan Paraguay sudah gugur.

Kekalahan 0-3 melawan Kolombia di laga kedua membuat Kosta Rika turun ke peringkat ketiga Grup D dengan satu poin. Karena itu, Los Ticos perlu menang agar menjaga harapan lolos ke fase gugur.

Di lain sisi, kekalahan 1-4 versus Brasil membuat Paraguay tidak memiliki poin dari dua laga yang sudah dijalani. Hasil itu membuat mereka secara resmi sudah tersingkir dari turnamen.

Kosta Rika mengawali perjalanan di Copa America 2024 dengan hasil imbang 0-0 melawan Brasil. Namun, mereka gagal menjaga momentum tersebut ketika bersua dengan Kolombia di pertandingan kedua babak grup.

Hasil itu sekaligus mengakhiri catatan empat laga tanpa kebobolan milik Kosta Rika. Selain itu, ini adalah kekalahan terbesar mereka sejak pertandingan persahabatan melawan Uni Emirat Arab pada September 2023 (kalah 1-4).

Walaupun masih memiliki peluang, anak asuh Gustavo Alfaro punya tugas sulit di laga terakhir. Mereka membutuhkan kemenangan dengan jarak lima gol dan berharap Kolombia kalah di laga melawan Brasil.

Akan tetapi, statistik menunjukkan Kosta Rika belum mencatatkan satu pun tendangan tepat sasaran di Copa America 2024 sehingga terancam mengakhiri turnamen ini tanpa kemenangan untuk kedua kalinya seperti pada edisi 1997.

Los Ticos sebenarnya tidak terkalahkan dalam tiga pertemuan sebelumnya kontra Paraguay. Namun, dua pertandingan terakhir melawan Paraguay semuanya berakhir dengan hasil imbang 0-0.

Sementara itu, Amerika Serikat sepertinya tidak cocok untuk Paraguay. Mereka pernah tersingkir di fase grup pada 2016 ketika turnamen ini juga berlangsung di Amerika Serikat.

Paraguay tercatat tidak pernah memenangi pertandingan Copa America yang dimainkan di Amerika Serikat dan tidak pernah meraih hasil imbang di turnamen ini. Jadi, agak sulit buat mereka menghindari kekalahan melawan Kosta Rika.

Pasukan Daniel Garnero telah kebobolan enam gol dalam dua pertandingan grup. Raihan itu adalah kebobolan terbanyak kedua di Copa America 2024, di belakang Bolivia (tujuh kebobolan), dan yang terbanyak bagi tim Paraguay dalam satu babak penyisihan grup Copa America sejak 2001 (enam kebobolan).

Garnero tidak pernah kalah dalam tiga pertandingan beruntun sebagai manajer tim nasional. Sementara itu, Paraguay tidak pernah mengalami tiga kekalahan beruntun sejak November 2022 hingga Maret 2023.

Namun, sejak 2010, Los Guaranies belum pernah mengalahkan Kosta Rika sekalipun mereka pernah memenangi satu-satunya pertemuan di Copa America 2004.

Prakiraan Formasi

Kosta Rica (3-4-2-1): Sequeira; Mitchell, Vargas, Calvo; Quiros, Galo, Brenes, Lassiter; Zamora, Campbell; Contreras

Paraguay (4-2-3-1): Morinigo; Velazquez, Balbuena, Alderete, Espinoza; Caballero, Villasanti; Bobadilla, Enciso, Sosa; Romero