Bagikan:

JAKARTA - Brasil vs Kolombia menjadi laga terakhir Grup D Copa America 2024. Selecao dan Los Cafeteros hanya butuh satu poin untuk keduanya melangkah ke babak gugur.

Partai ini akan berlangsung di Levi's Stadium, San Francisco, Amerika Serikat, Rabu, 3 Juli 202, pukul 08.00 WIB.

Kemenangan 4-1 atas Paraguay di laga kedua telah membawa Brasil ke posisi kedua Grup D. Tim berjuluk Selecao itu sekarang mengoleksi empat poin dan hanya butuh hasil seri untuk ke perempat final.

Sementara itu, Kolombia sudah meraih satu tempat di perempat final setelah kemenangan terakhir 3-0 atas Kosta Rika. Jadi, apa pun hasil besok melawan Brasil hanya berpengaruh ke posisi juara atau runner-up grup.

Hasil melawan Paraguay di laga kedua grup merupakan kemenangan besar Brasil pertama sejak September 2023. Pada saat itu, Selecao menghajar Bolivia dengan skor besar 5-1.

Selain itu, hasil melawan Paraguay sekaligus mengakhiri empat laga tanpa kemenangan melawan tim dari Conmebol. Sebelumnya, di tiga laga terakhir melawan tim dari wilayah itu, Brasil selalu kalah.

Jika bisa menang atau imbang maka Brasil otomatis melaju ke fase gugur untuk ke-14 kalinya dalam 15 penampilan mereka di Copa America.

Terakhir kali mereka kalah di laga terakhir grup Copa America ialah pada edisi 2016. Ketika itu mereka takluk 0-1 melawan Peru di partai terakhir dan gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Brasil tampil lebih baik secara defensif di turnamen ini. Pasukan asuhan Dorival Junior itu hanya kebobolan satu kali setelah kemasukan enam gol dari tiga pertandingan sebelum Copa America 2024.

Di lain sisi, Los Cafeteros saat ini memiliki rekor tak terkalahkan dalam 25 pertandingan di seluruh ajang. Tahun ini saja mereka memiliki rekor 100 persen dengan meraih enam kemenangan.

Seandainya saja meraih kemenangan di laga ketiga maka memastikan Kolombia memuncaki klasemen grup dan mengakhiri fase ini dengan sembilan poin alias poin sempurna untuk pertama kalinya sejak 2019.

La Cafeteros diperkirakan bisa memenangi pertandingan beruntun melawan Brasil untuk pertama kalinya setelah menang 2-1 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2023.

Sebetulnya, jalan aman kedua tim ialah bermain imbang. Tambahan satu poin buat keduanya akan memastikan langkah ke fase gugur karena perolehan angka mereka tidak bisa terkejar Kosta Rika maupun Paraguay.

Prakiraan Formasi

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Danilo, Beraldo, Marquinhos, Arana; Guimaraes, Gomes; Savio, Pereira, Rodrygo; Endrick

Kolombia (4-3-3): Vargas; Munoz, Sanchez, Cuesta, Machado; Castano, Uribe, Arias; Sinisterra, Duran, Diaz