Bagikan:

JAKARTA - Manchester United menyetujui kesepakatan dengan Newcastle United terkait perekrutan Dan Ashworth sebagai Direktur Olahraga.

The Red Devils telah mengejar eksekutif The Magpies tersebut selama berbulan-bulan. Sekarang akhirnya mereka mendapatkannya.

Menurut The Athletic, kesepakatan itu kini telah disetujui, lebih dari empat bulan setelah Ashworth mendapat cuti dari Newcastle.

Pria berusia 53 tahun itu disebut-sebut siap segera mengambil posisinya di Old Trafford.

Kedatangannya mengakhiri kisah panjang saat Sir Jim Ratcliffe terus merombak tim di Manchester United.

The Athletic lebih lanjut melaporkan pada April 2024 Ashworth berencana membawa Newcastle ke arbitrase untuk memaksakan kesepakatan dengan United.

The Red Devils pun disinyalir bersedia membayar biaya hukumnya demi bisa memikatnya ke Old Trafford.

Namun, dengan kesepakatan yang sekarang disetujui oleh kedua belah pihak, maka hal tersebut tidak lagi diperlukan.

Belum diketahui berapa besar kompensasi yang telah dibayarkan Manchester United atas jasa Ashworth. Hanya saja, sebelumnya The Magpies diklaim bersedia membayar sekitar 20 juta pound.

Ashworth dinilai tinggi dalam perannya dan telah memegang posisi Direktur Olahraga di sejumlah klub top.

Rekam jejaknya pun tak main-main. Dia adalah Direktur Pengembangan Timnas Inggris dari 2013 hingga 2018.

Dia kemudian beralih ke klub sepak bola pada 2019 dengan bergabung Brighton sebagai Direktur Teknik dan membawa periode kesuksesan.

Ashworth meninggalkan Brighton dan bergabung Newcastle pada 2022. Dia memelopori revolusi The Magpies sebagai Direktur Olahraga selama kurang dari dua tahun.

Dan Ashworth dilaporkan akan memiliki tanggung jawab keseluruhan atas kinerja sepak bola, perekrutan, dan operasi di Manchester United.

Direktur Teknik The Red Devils yang baru, Jason Wilcox, yang bergabung dengan juara Liga Inggris 20 kali itu pada April 2024, akan berada di bawah Ashworth.

Duet tersebut bukan satu-satunya wajah baru dalam perombakan yang dilakukan pemilik saham minoritas baru Manchester United, Sir Jim Ratcliffe.

Mantan kepala eksekutif Manchester City, Omar Berrada, diperkirakan akan tiba di Old Trafford pada akhir Juli 2024.

Selain itu, Manchester United juga ingin mendatangkan beberapa staf pelatih baru setelah merombak jajaran eksekutif mereka.

Sejauh ini, nasib Manajer Erik ten Hag masih belum jelas. Spekulasi terbaru masih soal kepergian pelatih asal Belanda tersebut.

Namun, negosiasi terus berlanjut mengenai kesepakatan baru untuk pelatih 54 tahun itu yang kontraknya saat ini akan berakhir pada akhir musim depan.

Staf pelatih baru juga bisa datang untuk membantu Ten Hag, yang telah membimbing United meraih dua trofi dalam beberapa musim sejak kedatangannya.

Manajer Go Ahead Eagles, Rene Hake, dikabarkan akan bergabung staf pelatih klub. Sementara mantan bintang United, Ruud van Nistelrooy, juga akan kembali ke Old Trafford sebagai bagian dari staf ruang ganti.