Bagikan:

JAKARTA – Tuan rumah Amerika Serikat akan berhadapan dengan Uruguay ketika melakoni pertandingan terakhir Grup C Copa America 2024.

Pertarungan Amerika Serikat vs Uruguay akan berlangsung di Stadion Arrowhead, Kansas City, pada Selasa, 2 Juli 2024, pukul 08.00 WIB. Saat ini kedua tim mengisi tempat pertama dan kedua di klasemen Grup C.

Uruguay menghuni posisi teratas dengan poin maksimal dari dua pertandingan yang sudah dijalani. Sebelumnya, mereka mengalahkan Panama (3-1) dan Bolivia (5-0).

Dengan posisi itu, peluang La Celeste untuk mencapai perempat final sudah begitu terbuka. Mereka cuma butuh satu poin saja melawan Amerika Serikat untuk mengunci posisi sebagai juara grup.

Seandainya menelan kekalahan melawan Amerika Serikat, peluang Uruguay untuk ke fase gugur tetap sulit diadang. Soalnya, mereka menang besar dengan skor 5-0 ketika bersua Bolivia.

Meski demikian, perjalanan Uruguay di turnamen ini bisa saja berhenti di fase grup seandainya mereka kalah telak dan Panama mengalahkan Bolivia di pertandingan lainnya.

Bolivia yang berada di dasar klasemen grup tanpa poin sejauh ini bahkan masih punya kans. Dengan catatan, mereka menghentikan Panama dan Amerika Serikat kalah dengan selisih tujuh gol ketika bersua Uruguay. Namun, skenario ini membutuhkan satu keajaiban besar.

Uruguay yang tampil apik sejauh ini sepertinya akan melangkah mulus ke babak gugur tanpa merasakan kekalahan di grup.

Tim besutan Marcelo Bielsa tidak hanya memimpin klasemen Grup C dengan enam poin, tetapi mereka juga memiliki selisih gol +7 atau enam gol lebih banyak dibanding The Yanks di peringkat kedua.

Artinya, hanya kekalahan yang dikombinasikan dengan kemenangan Panama serta perubahan besar dalam jumlah gol yang akan membuat Uruguay tersingkir dari turnamen ini.

Namun, seandainya menang atau imbang di laga ketiga, Uruguay memastikan memuncaki Grup C Copa America 2024, pertama kalinya sejak 2019. Jika kembali menang di partai terakhir grup, La Celeste menandai pertama kalinya menyelesaikan fase grup turnamen ini dengan rekor 100 persen.

Amerika Serikat di sisi lain sedang dalam penampilan tidak konsisten. Anak asuh Gregg Berhalter tersebut agak sulit menghindari kekalahan setelah di pertandingan kedua dihajar Panama.

Kekalahan 1-2 di laga itu menandai pertama kalinya mereka gagal memenangi laga Copa America saat mencetak gol terlebih dahulu sejak kebobolan empat gol tanpa balas dari Argentina pada pertandingan pembuka edisi 2007.

Sejauh ini, pada 2024, Amerika Serikat belum pernah kalah secara beruntun setelah satu-satunya kekalahan mereka tahun ini (1-5 melawan Kolombia) dan hasil imbang 1-1 kontra Brasil setelahnya.

Jelang laga ini, Amerika Serikat memiliki sedikit keunggulan di posisi kedua dengan tiga poin dan selisih gol +1 berbanding -1 milik Panama yang ada di tangga ketiga. Jika ingin lebih aman maka mereka perlu menang dengan lebih dari satu gol.

Hal itu perlu mereka lakukan mengingat Bolivia telah kalah dalam empat pertandingan terakhir di semua ajang dengan selisih setidaknya dua gol. Jadi, Panama punya kans besar menekuk Bolivia dengan selisih besar.

Persaingan Panama dan Amerika Serikat bakal sangat menarik. Tuan rumah tentu tak ingin malu di hadapan publik sendiri kalau gagal lolos ke fase gugur Copa America 2024.

Prakiraan Formasi

Amerika Serikat (4-3-3): Horvath; Scally, Richards, Ream, Robinson; McKennie, Musah, Reyna; Aaronson, Balogun, Pulisic

Uruguay (4-2-3-1): Rochet; Nandez, Ronald Araujo, Olivera, Olaza; Ugarte, Valverde; Pellistri, De Arrascaeta, Maxi Araujo; Nunez