Bagikan:

JAKARTA - Kerusuhan terjadi setelah pertandingan Uruguay vs Kolombia di semifinal Copa America 2024 pada Kamis, 11 Juli 2024.

Beberapa pemain Uruguay terlibat bentrok dengan suporter Kolombia setelah sebelumnya ada insiden kerusuhan antara fans La Celeste dan Los Cafeteros.

Luis Suarez yang masuk pada babak kedua di laga tersebut tak bisa menyembunyikan kekecewaannya.

Dia menilai bahwa insiden itu berbahaya untuk orang-orang yang tidak bersalah.

"Beberapa pemain memiliki istri, anak kecil, orang tua, dan kerabat yang lebih tua. Mereka pergi untuk melihat bagaimana pertandingan mereka. Kemudian hal-hal itu mulai terjadi, gambaran yang Anda lihat."

"Mereka berusaha melindungi keluarga mereka. Dari apa yang saya lihat, banyak sekali sanak saudara dan anak-anak yang terkena dampaknya. Anda tidak berdaya dalam situasi itu," ujar mantan bintang Barcelona itu.

Senada dengan Suarez, Sergio Rochet yang merupakan kiper Uruguay menggambarkan betapa mengerikannya kericuhan tersebut.

Selain bentrok fisik, ada juga lemparan berbagai macam benda yang sangat membahayakan keluarga pemain.

Soalnya, menurut Rochet, pendukung Kolombia sempat mengincar pelemparan benda-benda tersebut ke area tempat di mana keluarga pemain Uruguay berada.

"Itu adalah momen yang buruk. Tidak enak melihat masalah ini, apalagi jarak keluarga Anda hanya berjarak dua meter. Kami sedih tersingkir dari turnamen dan sekarang kami harus menghadapi situasi ini."

"Dari apa yang saya lihat, mereka mulai melemparkan barang-barang. Anda mencoba untuk menjauh dari hal itu, tetapi ketika Anda melihat bahwa itu adalah keluarga Anda, anak-anak kecil, itu sulit," tutur Rochet.

Lebih lanjut, Rochet menyoroti buruknya pengamanan dalam laga semifinal Copa America 2024 tersebut.

Bahkan, pihak kemananan dari penyelenggara--yang mana seharusnya menjadi tanggung jawab Conmebol selaku penyelangara dan Amerika Serikat selaku tuan rumah--tidak bisa melakukan analisis risiko.

"Jelas hal itu sebenarnya bisa dihindari. Saya pikir area di mana keluarga para pemain berada seharusnya dilindungi oleh jenis keamanan lain."

"Terutama ketika mengetahui bahwa jumlah suporter Uruguay kalah jumlah dari suporter Kolombia. Ketika Anda melihat keluarga Anda di sana, semua pemain mencoba naik dan mengeluarkan mereka," kata Rochet.

Momen mencekam itu terjadi buntut dari bentrok fans Uruguay dan Kolombia. Kerusuhan kemudian meluas.

Suporter Kolombia mengincar area keluarga pemain Uruguay. Selepas laga, para pemain La Celeste berusaha menyelamatkan keluarganya yang ada di tribun agar keluar dari bahaya.

Namun, ketika hendak menyelamatkan keluarga, beberapa pemain Uruguay malah diadang suporter Kolombia sehingga terjadi bentrok.

Laga semifinal Copa America 2024 antara Uruguay vs Kolombia berakhir 0-1. Los Cafeteros berhak melaju ke final berkat gol tunggal Jefferson Lerma dan akan berjumpa Argentina.