Bagikan:

JAKARTA - Laga kedua Grup C Copa America 2024 akan mempertemukan Panama vs Amerika Serikat. Mereka akan bersua pada Jumat, 28 Juni 2024, pukul 05.00 WIB di Stadion Mercedes-Benz.

Jelang pertemuan nanti, Amerika Serikat cukup diunggulkan karena catatan yang lebih mumpuni. Tuan rumah bahkan punya peluang besar untuk mengamankan tiket ke fase gugur lebih dulu.

Sebelum menghadapi Panama, Amerika Serikat membuka laga perdana fase grup dengan hasil gemilang. Menghadapi Bolivia, mereka menang 2-0 di hadapan 47 ribu pendukung.

Bahkan, penampilan tuan rumah juga begitu impresif. Sang kapten, Christian Pulisic, hanya butuh tiga menit untuk membuka skor sebelum Folarin Bolagun menggandakan skor pada akhir babak pertama.

Kemenangan tersebut juga menorehkan catatan bersejarah bagi sang pelatih, Gregg Berhalter. Hasil itu menjadi kemenangan ke-44 sebagai manajer Amerika Serikat. Catatan itu menjadi yang terbanyak ketiga setelah Jurgen Klinsmann (55) dan Bruce Arena (81).

Di sisi lain, Amerika Serikat juga menjadi pihak yang diunggulkan karena mereka memiliki rekor bagus. Bertemu dengan Panama, Amerika Serikat sudah menang 18 kali dari total 26 pertemuan dan hanya kalah adu penalti di pertemuan terakhir.

Bergeser ke kubu Panama, mereka justru membawa modal kurang mumpuni di laga nanti. Soalnya, jelang jumpa Amerika Serika, mereka malah bermodalkan kekalahan 1-3 di partai perdana kontra Uruguay.

Panama dibayangi hasil buruk ketika bentrok melawan Amerika Serikat. Kekalahan di laga kontra The Yanks bisa saja membuat Panama terancam tersingkir dini jika di pertandingan lain Uruguay berhasil menang melawan Bolivia.

Karena itu, semangat bangkit dari kekalahan dan fokus tinggi jelas diperlukan Panama di laga nanti. Apalagi laga diprediksi berjalan ketat karena Amerika Serikat juga punya misi memberikan persembahan maksimal di hadapan pendukung sendiri.