Bagikan:

JAKARTA - Brasil vs Kosta Rika akan berjumpa di Stadion SoFi, California, pada laga pertama Grup D Copa America 2024, Selasa, 25 Juni 2024, pukul 08.00 WIB.

Brasil selalu menjadi kandidat kuat setiap pergelaran Copa America. Selecao mampu mencapai final dalam dua edisi terakhir, satu di antaranya berakhir gelar juara (2019) dan runner-up edisi 2021.

Kosta Rika jelas sangat inferior jika menatap nama besar Brasil. Menurut catatan 11v11, Los Ticos baru menang satu kali dari 11 pertemuan. Sepuluh laga lain berujung kekalahan.

Situasi itu membuat Brasil sangat diunggulkan meraup tiga poin. Setelah Carlo Ancelotti memutuskan untuk tetap bersama Real Madrid, Dorival Junior mengambil alih Selecao pada Januari 2024. Dalam empat pertandingannya, Junior membawa Brasil belum terkalahkan hingga menginjakkan kaki di Copa America 2024.

Meski demikian, Kosta Rika datang dengan motivasi besar. Apalagi, perjalanan mereka terbilang apik. Dalam dua laga terbaru, Los Ticos menang dengan total tujuh gol tanpa kebobolan.

Mereka punya kans mengejutkan Brasil. Soalnya, Kosta Rika punya kans besar memenangi laga ketika unggul lebih dulu. Catatannya pun cukup impresif, 15 dari 16 laga terbaru.

Belum lagi Brasil tidak punya catatan manis ketika Amerika Serikat menjadi tuan rumah Copa America sebelumnya.

Pada edisi 2016, Selecao gagal melangkah ke fase gugur karena cuma mengakhiri fase grup di peringkat ketiga dengan empat poin dari satu kemenangan, satu seri, dan satu kekalahan.

Kala itu, Brasil gagal bersaing dengan Peru dan Ekuador yang menjadi juara serta runner-up grup.

Namun, persentase kejutan dari Kosta Rika masih tipis. Brasil punya kans besar memenangi laga pertamanya di fase grup.

Selecao ingin melanjutkan dominasi atas Kosta Rika sekaligus memutus raihan buruk di Amerika Serikat.

Lima Pertandingan Terakhir Brasil vs Kosta Rika

22 Jun 2018: Brasil 2-0 Kosta Rika (Piala Dunia)

05 Sep 2015: Kosta Rika 0-1 Brasil (Persahabatan)

07 Okt 2011: Kosta Rika 0-1 Brasil (Persahabatan)

11 Jul 2004: Brasil 4-1 Kosta Rika (Copa America)

13 Jun 2002: Kosta Rika 2-5 Brasil (Piala Dunia)