Bagikan:

JAKARTA - Laga kedua Grup D Copa America 2024 mempertemukan Kolombia vs Kosta Rika pada Sabtu, 29 Juni 2024, di Stadion State Farm, Arizona.

Kolombia dalam tren apik sebelum berjumpa Kosta Rika. Mereka meraup tiga poin di laga pertama grup melawan Paraguay (2-1).

Selain itu, total La Tricolor sudah mengemas sembilan kemenangan beruntun di semua ajang. Tim asuhan Nestor Lorenzo kini siap mengincar tripoin berikutnya untuk mengamankan juara Grup D sekaligus menginjakkan kaki lebih cepat di fase gugur.

Jika berhasil menyelesaikan fase grup sebagai pemuncak klasemen, Kolombia mengulang prestasi mereka pada Copa America edisi 2019.

Peluang itu pun terbuka karena hanya Kolombia yang meraup tiga poin di laga pertama grup. Pesaing berat mereka, Brasil, cuma bermain imbang melawan Kosta Rika.

Masalahnya Kosta Rika tidak bisa dipandang remeh. Mereka bisa membuat skuad bertabur bintang Brasil kewalahan.

Bahkan, tim asuhan Gustavo Alfaro itu membuat sejarah dengan menjadi tim Concacaf ketiga yang mencegah Brasil mencetak gol di Copa America setelah Honduras (2001) dan Meksiko (2001 dan 2007).

Kosta Rika memang cuma diberi 26 persen penguasaan bola oleh Brasil dengan rasio gol cuma 0,03. Namun, pertahanan mereka begitu solid sehingga menyulitkan Selecao.

Raihan hasil imbang itu membuat Kosta Rika belum pernah kalah dalam empat pertandingan di semua ajang, statistik beruntun terpanjang sejak sebelum Piala Dunia 2022.

Kokohnya pertahanan Kosta Rika kini mendapat ujian dari Kolombia. La Tricolor tetap diunggulkan bisa meraih hasil sempurna.

Soalnya, mereka punya pengalaman menang dengan satu gol. Sebanyak tujuh dari sembilan kemenangan beruntun Kolombia didapat dengan skor 1-0.

Belum lagi catatan pertemuan menunjukkan Kolombia begitu superior dengan 10 kemenangan, satu seri, dan empat kekalahan.

Lima Pertemuan Terakhir Kolombia vs Kosta Rika

17 Jul 2004: Kolombia v Kosta Rika 2-0 (Copa America)

02 Jul 2011: Kolombia v Kosta Rika 1-0 (Copa America)

06 Jun 2015: Kolombia v Kosta Rika 1-0 (Persahabatan)

11 Jun 2016: Kosta Rika v Kolombia 3-2 (Copa America)

16 Okt 2018: Kolombia v Kosta Rika 3-1 (Persahabatan)