Bagikan:

JAKARTA - Laga kedua Grup D Copa America 2024 menyajikan duel Paraguay vs Brasil di Stadion Allegiant, Las Vegas, pada Sabtu, 29 Juni 2024, pukul 08.00 WIB.

Bentrok ini menjadi kesempatan Brasil memperbaiki hasil. Sebelumnya, di luar dugaan, skuad bertabur bintang mereka ditahan imbang Kosta Rika tanpa gol.

Padahal, statistik Selecao sangat mendominasi. Mereka menguasai 74 persen dengan rasio gol 1,66 berkat 49 percobaan gol di area lawan.

Statistik ternyata tak sejalan dengan hasil. Kegagalan mencetak gol itu memperpanjang catatan minor anak asuh Dorival Junior menjadi dua laga beruntun di Copa America.

Sebelum gagal membobol gawang Kosta Rika, Brasil juga gagal mencetak gol saat bertemu Argentina (kalah 0-1) di final Copa America 2021.

Nasib Selecao yang baru mengemas satu poin pun di ujung tanduk. Kelolosan mereka ke fase gugur menipis. Soalnya, Kosta Rika dan Paraguay masih mungkin menyalip.

Situasi itu serupa delapan tahun lalu di Copa America 2016. Brasil kemudian menang 7-1 melawan Haiti setelah seri 0-0 kontra Ekuador.

Namun, kemenangan itu ternyata tak cukup meloloskan Selecao ke fase gugur. Mereka mengakhiri penyisihan grup di peringkat ketiga dengan empat poin setelah kalah 0-1 melawan Peru pada partai terakhir grup.

Dorival Junior berharap kondisi delapan tahun lalu itu tak terulang. Mereka sebetulnya beruntung karena Paraguay punya kans tipis menjegal.

Anak asuh Daniel Garnero cuma bisa tampil solid selama setengah jam ketika bertemu Kolombia di laga pertama grup. Setelah itu, mereka kebobolan dua gol pada menit ke-32 dan ke-42.

Paraguay terlihat tampil frustrasi. Mereka baru bisa mencetak gol pada menit ke-69 yang tak membantu keluar dari kekalahan.

Catatan pertandingan Paraguay juga negatif. La Albirroja kalah dalam 18 pertandingan berturut-turut setelah kebobolan lebih dulu.

Hal itu menunjukkan kurangnya efektivitas saat tertinggal. Mereka juga telah kalah dalam tiga pertandingan Copa America sebelumnya ketika tertinggal di paruh pertama.

Brasil bisa berkaca kepada catatan buruk Paraguay itu. Unggul lebih dulu memperbesar peluang Vinicius Junior dan kolega untuk menang.

Apalagi, Selecao termotivasi memperbaiki hasil dan memperbesar peluang lolos ke fase gugur Copa America 2024.

Dalam catatan pertemuan pun, Brasil masih unggul jauh dengan 51 kemenangan dan 19 seri. Sementara Paraguay hanya bisa menang sebanyak 19 kali.

Lima Pertemuan Terakhir Paraguay vs Brasil

29 Maret 2016: Paraguay v Brasil 2-2 (Piala Dunia)

28 Maret 2017: Brasil v Paraguay 3-0 (Piala Dunia)

27 Juni 2019: Brasil v Paraguay 0-0 (Copa America)

08 Juni 2021: Paraguay v Brasil 0-2 (Piala Dunia)

01 Feb 2022 : Brasil v Paraguay 4-0 (Piala Dunia)