Bagikan:

JAKARTA - Copa America 2024 telah memasuki babak semifinal Uruguay vs Kolombia partai sengit untuk berebut tempat di babak final.

Pertandingan Uruguay vs Kolombia akan digelar di Stadion Bank of America, Carolina Utara, Amerika Serikat, pada Kamis, 11 Juli 2024, pukul 07.00 WIB.

Uruguay melangkah ke semifinal Copa America 2024 dengan perasaan yang cukup membanggakan. Soalnya, di babak perempat final, mereka secara dramatis berhasil menyingkirkan tim favorit juara, Brasil.

Brasil tersingkir lewat drama adu penalti di Stadion Allegiant, Minggu, 7 Juli 2024. Dalam pertandingan tersebut, Uruguay bermain imbang 0-0 bahkan waktu normal usai.

Pemenang kemudian ditentukan melalui adu penalti dan Brasil harus pulang setelah kalah 2-4. Gelandang PSG, Manuel Ugarte, menjadi penentu kemenangan Uruguay dalam adu penalti, sementara Federico Valverde mendapat kredit positif atas permainannya, begitu juga Sergio Rochet yang berjaga di bawah mistar gawang.

Berkaca dari performa para pemainnya saat tampil lawan Brasil, Marcelo Bielsa selaku pelatih Uruguay mesti meramu tim lebih apik lagi.

Lawan Kolombia, ia harus membangun serangan dari lini tengah dan mencoba mendikte permainan. Jika tidak, tim lawan bakal sulit dihentikan ketika ada di pihak yang menguasai bola.

Kubu Kolombia telah mengamankan tempat lebih dulu di semifinal setelah menang telak 5-0 atas Panama.

Pada laga di University of Phoenix Stadium, Arizona, Amerika Serikat, Minggu, 7 Juli 2024, Kolombia mendominasi pertandingan. Pertemuan itu juga diwarnai dengan hadiah penalti yang dieksekusi oleh Miguel Borja.

Sepanjang perjalanan Copa America 2024, Kolombia cukup bersinar dengan kehadiran James Rodriguez yang menjadi gelandang terbaik di turnamen ini. Sang pemain tampil dengan umpan-umpan sempurna dan umpan silang yang menghasilkan gol serta peluang untuk mencetak gol bagi rekan-rekannya.

Meski tetap harus melewati perjalanan berliku, Kolombia menjadi tim dengan tembakan ke arah gawang terbanyak di turnamen ini. Dengan sejumlah opsi penyerangan akurat, mereka juga tidak banyak memberi peluang kepada lawan-lawannya.

Jika berkaca pada catatan di atas kertas, dalam 15 pertandingan terakhir kedua tim, Uruguay berhasil menang tujuh kali atas Kolombia, kalah tiga kali, dan lima kali imbang.

Dari pertandingan tersebut, tercatat 45 gol dihasilkan. Uruguay membukukan 24 gol dan 21 gol milik Kolombia.

Uruguay saat ini sedang dalam tren positif lima pertandingan terakhirnya. Mereka Menang empat kali dan satu kali imbang. La Celeste selalu berhasil menang dengan skor meyakinkan.

Namun, Kolombia juga punya catatan mentereng dengan tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir dan menang empat kali dengan skor meyakinkan.

Pertemuan keduanya di semifinal Copa America 2024 sepertinya akan menjadi pertandingan yang sangat menarik dan duel adu serangan.

Masalahnya kini, Kolombia bukanlah tim tradisional kandidat juara Copa America. Mereka baru satu kali menjadi juara, satu kali runner-up, dan lima kali merengkuh peringkat ketiga.

Jauh sekali dengan pencapaian Uruguay. La Celeste sudah memenangi Copa America sebanyak 15 kali, enam kali menjadi runner-up, dan sembilan kali berdiri di peringkat ketiga.