Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir terus memompa dan memotivasi semangat Timnas Indonesia untuk kembali menumbangkan Australia di berbagai ajang. Langkah itu pun mendapat dukungan dari banyak pihak.

Hal itu ditegaskan Erick seusai tim Australia U-16 meraih juara di ajang AFF atau ASEAN Boys 16 Championships 2024, Rabu 2 Juli 2024 lalu di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Timnas Garuda Muda meraih peringkat ketiga.

Erick yang mengapresiasi penampilan Putu Panji dkk selama AFF U-16 meminta para pemain segera melupakan kegagalan mempertahankan gelar juara dan juga kekalahan dari Australia di semifinal.

Menurutnya, pencapaian dan perjuangan timnas Garuda Muda itu menjadi motivasi, tak hanya bagi para pemain, tetapi juga bagi timnas senior untuk mengarungi rivalitas baru dengan Australia.

"Sejak kita kalahkan Australia di Piala Asia U-23 Qatar lalu, mereka menargetkan kita jadi seteru baru. Itulah mengapa saat tim muda mereka menang di AFF kemarin, selebrasinya agak berlebihan," ujar dia pada Minggu 7 Juli 2024.

"Namun ingat, saya minta ke pemain, tidak boleh ada yang menundukkan kepala. Tidak ada yang menangis. Nanti kita ketemu Australia, kita sikat. Bersama suporter, kita akan dukung habis-habisan timnas. Kita bangsa besar kenapa mesti takut dengan mereka," tambahnya.

"Garuda muda kita harus bangkit lawan Australia Oktober nanti. Apalagi kemarin bermain dengan 10 orang bisa fight. Lalu, saya akan bilang ke tim senior kita yang akan ketemu Australia di kualifikasi Piala Dunia untuk juga fight dan bisa kembali kalahkan mereka," lanjut Erick.

Menurut pengamat sepakbola, Tommy Welly, pernyataan Erick Thohir yang terus memotivasi  Zahaby Gholy dkk agar tidak menundukkan kepala dan tidak ada yang menangis merupakan hal yang tepat.

"Kalah di sepakbola itu lumrah. Namun saya melihat, Erick Thohir justru memanfaatkan momentum kekalahan itu untuk memberikan suntikan motivasi dahsyat yang bisa menaikkan level mental, persaingan, dan skill pemain," lanjut Towel, sapaan akrabnya.