Timnas Indonesia vs Australia di 16 Besar Piala Asia 2023, Yakin Bisa Imbangi Lawan
Timnas Indonesia siap hadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, optimistis dengan usaha Timnas Indonesia yang akan melanjutkan perjuangan di babak 16 besar Piala Asia 2023. Ketum PSSI yakin Skuad Garuda bisa mengimbangi permainan Australia.

Timnas Indonesia dipastikan mengunci tiket babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah menempati posisi keempat peringkat ketiga terbaik.

Skuad Garuda menjadi satu-satunya tim yang mengemas tiga poin. Perolehan itu didapat dari hasil sekali menang lawan Vietnam dan dua kali kalah lawan Irak dan Jepang.

Kendati hanya sekali mengemas kemenangan, Ketum PSSI yakin bahwa ketika menghadapi Australia nanti tim asuhan Shin Tae-yong bisa mengimbangi lawan.

Dia menjadikan laga melawan Jepang sebagai parameter kekuatan Skuad Garuda. Meski kalah, daya juang tim bisa diperhitungkan. Selain itu, dari segi perfoma Jepang unggul ketimbang Australia.

"Mungkin secara pertandingan (melawan Australia), kita (Timnas Indonesia) lebih bisa saling mengimbangi gitu," kata Erick Thohir ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat 26 Januari 2024, malam WB.

"Kalau (saat melawan) Jepang kemarin, kita bisa lihat sistem permainan mereka yang luar biasa, disiplin di segala lini. Ada perbedaan juga dari segi penampilan," tuturnya.

Ketum PSSI tak menutup mata dengan rating milik Australia yang memang lebih unggul ketimbang Timnas Indonesia.

Meski begitu, optimisme tetap diungkapkan Ketum PSSI karena melihat materi Skuad Garuda yang tak kalah bagus dengan beberapa nama berlaga di Eropa.

"Saya rasa Australia bukan tim yang tidak diperhitungkan, peringkatnya juga jauh (dari timnas), tapi permainannya berbeda dengan Jepang dan Korea Selatan."

"Kita juga sekarang banyak pemain yang sudah berlaga di Liga Inggris ataupun di Liga Belanda," katanya.

Setelah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sudah dinanti laga yang berat.

Tim asuhan Shin Tae-yong harus menghadapi Australia yang berstatus jawara Grup B. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad pada Minggu, 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB.