Motivasi Shin Tae-yong Ingin Jumpa Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia 2023
Shin Tae-yong berharap bisa melawan Korea Selatan di perempat final Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia punya kans berjumpa Korea Selatan andai bisa lolos ke perempat final Piala Asia 2023.

Kesempatan itu bisa terwujud jika Skuad Garuda mampu mengalahkan Australia dan Korea Selatan membungkam Arab Saudi di babak 16 besar.

Hanya saja, realisasi itu terbilang tak mudah. Shin Tae-yong pun mengamini itu.

Pelatih Timnas Indonesia itu bahkan sudah memprediksi bahwa dominasi akan dipegang Australia. Meski begitu, dia yakin terhadap skuadnya bisa tampil mengejutkan.

"Saya pikir ada kemungkinan Australia lebih mendominasi. Sekitar 70 berbanding 30 untuk mereka."

"Saya senang jika ada keajaiban datang ke kami karena partai ini tidak mudah. Lawan sangat kuat. Namun, kami punya mentalitas kuat dan tidak mudah menyerah."

"Kami akan fokus di pertandingan selama 90 menit hingga wasit meniup peluit panjang. Kami akan melakukan pertandingan terbaik," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers pada Sabtu, 27 Januari 2024.

Walaupun di atas kertas Australia unggul, pelatih asal Korea Selatan itu percaya apa pun bisa terjadi di sepak bola.

Apalagi, dia punya motivasi untuk berjumpa Korea Selatan di perempat final Piala Asia 2023.

"Saya lihat Korea Selatan vs Arab Saudi mungkin bisa mendominasi 60 berbanding 40. Saya berharap bisa bertemu Korea Selatan di perempat final," ujarnya.

Semangat Shin Tae-yong untuk melangkah lebih jauh di fase gugur ini tentu akan ditularkan kepada para penggawa Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Skuad Garuda menjadi satu-satunya tim yang berhasil mencetak gol di semua pertandingan fase grup. Gawang Australia menjadi target berikut yang baru kebobolan satu gol di babak grup.

Motivasi tinggi menyelimuti pasukan Merah-Putih. Mereka tak ingin menyia-nyiakan catatan sejarah lolos pertama kali ke babak gugur Piala Asia.

"Saya pribadi melakukan persiapan sangat baik, begitu juga tim. Kami semua akan menjalankan semua instruksi pelatih."

"Kami akan memberikan usaha terbaik di lapangan. Pemain, ofisial, dan tim pelatih sudah kompak bekerja keras untuk pertandingan melawan Australia," kata Pratama Arhan.

Laga Timnas Indonesia vs Australia akan digelar di Stadion Jassim bin Hamad pada Minggu, 28 Januari 2024.