Bagikan:

JAKARTA - Indonesia U-23 akan berjumpa Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat, 26 April 2024, dini hari WIB.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengaku tak mengusung misi tertentu menjelang pertemuan tersebut. Dia mengungkapkan bakal menjalani laga itu dengan sebaik mungkin meski sebelumnya sempat punya pengalaman kurang menyenangkan.

Shin Tae-yong diketahui sempat menjadi juru taktik untuk tim senior Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Ketika itu, Shin mampu menghantarkan tim menang 2-0 atas Jerman meski perjalanan terhenti di fase gugur.

Langkah kurang apik itu membuat para suporter kecewa hingga melakukan aksi kurang menyenangkan. Ketika tiba di Korea Selatan sepulang dari Rusia, Shin Tae-yong dan tim disambut dengan lemparan telur dan bantal.

Meski kejadian itu cukup melekat di benak Shin Tae-yong, saat mendapat kesempatan jumpa Korea Selatan U-23, sang pelatih mengaku tak punya motivasi untuk membalaskan dendam.

"Soal itu (dilempar telur) tidak jadi motivasi. Itu hanya sebuah proses dan tidak menjadi motivasi apa-apa," kata Shin Tae-yong dalam keterangan yang dikutip pada Rabu, 24 April 2024.

"Sama sekali tidak menyesal juga karena tugas yang saya dapat. Saya pasti akan bekerja semaksimal mungkin. Jadi, tidak menjadi (motivasi) apa-apa (insiden tersebut)," katanya.

Sebagai warga negara Korea Selatan, Shin Tae-yong sebenarnya berharap Timnas Indonesia U-23 bertemu Jepang U-23 di perempat final. Ia awalnya berharap menghadapi Taeguk Warriors di fase-fase berikutnya, yang kemungkinan cuma di final.

Namun, Jepang U-23 yang kalah dari Korea Selatan U-23 pada pertandingan terakhir Grup B hanya menempati posisi kedua Grup B, sementara Taegeuk Warriors menjadi juara grup.

"Seperti apa yang dibicarakan ke media Korea Selatan kemarin, jujur ingin bertemu Jepang U-23."

"Soalnya saya ingin bertemu Korea Selatan U-23 di final supaya bisa lolos sama-sama ke Olimpiade Paris 2024 dan bersenang-senang, bisa ikut Olimpiade bersama."

"Namun, seperti apa yang kita ketahui, pertandingan bukan keinginan kami. Jadi, tetap kami akan bekerja keras untuk persiapan melawan Korea Selatan U-23 nanti," tutur Shin Tae-yong.

Lolosnya Indonesia ke perempat final atau delapan besar Piala Asia U-23 2024 merupakan sejarah. Untuk pertama kalinya Garuda Muda mengikuti ajang tersebut yang juga jadi kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

Debut Marselino Ferdinan dan kawan-kawan di Piala Asia U-23 langsung menembus babak gugur. Kini, mereka membidik semifinal demi peluang ke Olimpiade Paris 2024.