Shin Tae-Yong Blak-blakan soal Perasaannya Jumpa Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23
Shin Tae-yong akan berjumpa negara asalnya (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 bertemu Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024. Shin Tae-yong mengungkapkan ada perasaan tak biasa yang menghampiri ketika tahu akan menghadapi tim negara asalnya.

Garuda Muda berstatus runner-up Grup A dengan koleksi enam poin dari dua laga. Situasi itu membuat mereka berhadapan dengan jawara Grup B di perempat final, yang mana posisi itu diisi Korea Selatan U-23.

Shin Tae-yong yang memang berpaspor Korea Selatan lantas mengakui bahwa pertemuan dengan Taeguk Warriors memunculkan perasaan lain.

Untuk pertama kalinya, dia mesti menghadapi negaranya sendiri dan hal itu diakuinya bukan situasi yang mudah.

"Sejujurnya ini adalah pengalaman pertama saya melawan negara saya sendiri dan ini sulit bagi saya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers daring dikutip pada Rabu, 24 April 2024.

Perasaan kurang nyaman itu dirasakan Shin Tae-yong karena ia juga sempat mengisi posisi sebagai pelatih Korea Selatan baik di tim senior maupun kelompok umur.

"Itu tetap menjadi hal yang berat. Andaikata saya tidak pernah menjadi pelatih Timnas Korea Selatan, mungkin tidak akan sesulit ini."

"Namun, saya juga senang karena pernah punya kesempatan bernyanyi lagu kebangsaan bersama Timnas Korea Selatan di level U-20, U-23, dan senior," tutur Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong yang juga eks gelandang Timnas Korea Selatan mengakui bahwa sejatinya ia ingin menghindari pertemuan dengan negaranya di perempat final. Namun, baginya hal ini merupakan takdir yang harus dihadapi.

"Memang ada perasaan lain ketika harus bertemu Hwang Sun-hong (pelatih Korea SelatanU-23) dan harus menghadapi negara sendiri."

"Jika bisa, saya ingin pertemuan ini terjadi di final, tapi ini takdir. Ini sulit, saya tidak terlalu senang."

"Namun, olahraga tetaplah olahraga. Kami akan lakukan yang terbaik," tutur sang pelatih.

Pertemuan Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 akan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat, 26 April 2024, dini hari WIB.