Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 berhasil melangkah ke perempat final Piala Asia U-23 2024 sebagai runner-up Grup A.

Garuda Muda mengemas enam poin dari tiga laga yang sudah dilakoni. Mereka menemani tuan rumah Qatar U-23, yang menjadi juara Grup A dengan tujuh poin, ke babak gugur.

Indonesia U-23 mendapat kepastian lolos ke fase gugur setelah menumbangkan Yordania U-23 dengan skor telak 4-1 di laga terakhir grup.

Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa kepercayaan diri menjadi salah satu kunci pasukannya bisa lolos ke perempat final.

"Saya mengatakan kepada para pemain untuk melupakan kekalahan dari Qatar U-23 dan terus maju. Kami mendapatkan kepercayaan diri kami kembali setelah mengalahkan Australia U-23," kata Shin Tae-yong.

Mental Indonesia U-23 sempat jatuh setelah kalah kontroversial melawan tuan rumah Qatar U-23 dengan skor 0-2 pada laga perdana grup.

Garuda Muda kemudian bangkit di laga kedua melawan Australia U-23. Mereka bisa menumbangkan Olyroos dengan skor tipis 1-0.

Kian terbukanya peluang lolos dari babak grup membuat Marselino Ferdinan kian percaya diri menatap laga terakhir melawan Yordania U-23.

Apalagi Garuda Muda di atas angin karena cuma membutuhkan hasil seri untuk lolos dengan catatan Australia U-23 tengah diprediksi sulit menang lawan Qatar U-23.

Alhasil, Indonesia U-23 berhasil melumat telak Yordania U-23 sehingga lolos dengan nyaman ke perempat final.

Kini, Korea Selatan U-23 sudah menanti sebagai lawan Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong berharap anak didiknya mampu mempertahankan kepercayaan diri itu di babak gugur dan tak gentar dengan predikat lawan sebagai tim kuat.

"Saya mengatakan kepada mereka bahwa kami harus bermain dengan percaya diri. Semua ini akan banyak membantu kami (dalam hal kepercayaan diri) untuk bertarung di perempat final, terlepas dari apakah kami menang atau kalah, kami akan memberikan 100 persen di lapangan," ujar Shin Tae-yong.

Laga perempat final Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa pada 25 April 2024.

Korea Selatan U-23 lolos ke fase gugur Piala Asia U-23 2024 sebagai juara Grup B setelah menumbangkan Jepang U-23 dengan skor 1-0 pada laga terakhir.