Bagikan:

JAKARTA – Juara bertahan Proliga, Jakarta LavAni Allobank, bertekad mempertahankan gelar sekaligus mencetak sejarah juara tiga kali berturut-turut.

Manajer LavAni, Roy Makpal, mengatakan bahwa keinginan itu tentu tidak akan mudah terwujud karena persaingan di Proliga 2024 pasti sangat ketat.

"Kami dari LavAni bertujuan melengkapi gelar sekaligus membuat sejarah. Namun, pastinya sangat sulit," kata Roy dalam konferensi pers di SCTV Tower, Senin, 22 April 2024, petang WIB.

LavAni, yang merupakan klub milik mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, adalah juara dalam dua edisi terbaru, yakni 2022 dan 2023.

Sejak bergulir mulai 2002, belum ada satu klub pun yang juara Proliga tiga kali beruntun. Karena itu, jika juara tahun ini maka LavAni otomatis menjadi klub pertama yang melakukannya.

"Kami dari LavAni telah melakukan persiapan maksimal. Dalam persiapan ini agak sedikit berbeda karena terkendala bulan puasa," ujar Roy.

"Namun, tidak menjadi kendala. Tujuan kami besar, yaitu berkeinginan LavAni bisa meraih gelar juara Proliga 2024."

"Kami akan berusaha mendapat hattrick. Persiapan tim lain juga tentunya baik, tapi LavAni akan berjuang," tutur Roy.

Sang juara bertahan akan memainkan pertandingan pertama mereka melawan tim pendatang baru, Jakarta Garuda Jaya, pada Kamis, 25 April 2024, di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Laga itu akan menjadi partai pembuka Proliga 2024.

LavAni akan mengarungi Proliga musim 2024 dengan dua pemain asing. Keduanya ialah Renan Zanatta Buiatti asal Brasil dan Mohammadreza Beik dari Iran.

"Pemain asing sudah fix dari Brasil, Renan, dan satu lagi dari Iran. Keduanya sudah akan bermain dari putaran pertama," ujar Roy.

PLN Mobile Proliga 2024 akan dihelat di sembilan kota. Kota-kota itu ialah Yogyakarta, Semarang, Palembang, Gresik, Bandung, Malang, Pontianak, Kediri, dan Solo.

Yogyakarta, Semarang, dan Palembang menjadi tuan rumah untuk putaran reguler I (25 April-12 Mei 2024), lalu Gresik untuk reguler I dan II (16-19 Mei 2024), selanjutnya Bandung, Malang, dan Pontianak untuk reguler II (6-23 Juni 2024).

Sementara itu, Kediri dan Solo untuk Final Four (4-14 Juli 2024). Kompetisi lalu ditutup pertandingan Grand Final yang berlangsung di Yogyakarta pada 20 dan 21 Juli 2024.

Namun, untuk laga Grand Final ada rencana akan dipindahkan ke Indonesia Arena. Jika merujuk jadwal final ternyata arena itu tidak dipakai untuk acara lain maka kemungkinan besar akan dipakai untuk final Proliga 2024.