Bogor Lavani yang Mengejutkan, Sabet Trofi Proliga 2022 Usai Tumbangkan Juara Bertahan
Bogor Lavani (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tim putra Bogor Lavani membuat kejutan dengan menjuarai kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2022 setelah pada laga final di Padepokan Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, Minggu, menumbangkan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator.

Tim asuhan pelatih asal Tiongkok Jeff Jiang tersebut menang 3-2 (25-27, 25-19, 20-25, 25-18, 15-10). Istimewanya, gelar juara Lavani tersebut direbut dalam debutnya. Lavani baru tampil untuk kali pertama di kejuaraan yang mulai digelar 2002 tersebut.

Tim yang didirikan Presiden Republik Indonesia periode 2004-2014 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hadir dengan komposisi 18 pemain dan hanya tiga pevoli yang pernah merasakan atmosfer persaingan Proliga.

Mereka adalah Dony Haryono dan Dio Zulfikri yang membawa Indonesia meraih medali emas pada SEA Games Filipina pada 2019. Kemudian Muhammad Malizi yang memperkuat Indonesia pada Asian Games 2018 dan juga peraih penghargaan sebagai best blocker pada Proliga musim 2018.

Selebihnya, pemain LavAni tampil untuk kali pertama pada Proliga 2022, termasuk dua pemain asing yakni Leandro Martins da Silva asal Brasil dan Jorge Gonzales Garcia dari Kuba.

Meski sebagai tim baru, Bogor Lavani memang mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi yang dihadapi adalah tim-tim yang sudah punya nama besar dan didukung oleh pemain yang kenyang pengalaman.

Bisa dikatakan, Lavani bukan tim bertabur bintang seperti sang lawan Surabaya Bhayangkara Samator yang juga sebagai tim juara bertahan.

Dengan skuad yang ada, Bogor Lavani terbilang cukup perkasa mulai babak awal kejuaraan. Bahkan, di laga final jelas kurang diunggulkan mengingat sang lawan adalah salah satu tim besar dengan segudang prestasi.

Bahkan sempat muncul istilah debutan melawan raja. Namun, kondisi di lapangan berbeda dan Lavani sukses menjadi juara baru Proliga.