Fisik Pemain Indonesia Patriots Fit 100 Persen dan Siap Tempur di Lanjutan IBL 2022
Ilustrasi Indonesia Patriots (Foto: IBL)

Bagikan:

JAKARTA – Tim basket Indonesia Patriots sudah siap melanjutkan kompetisi IBL 2022. Fisik mereka sudah 100 persen siap bertempur di kasta tertinggi basket nasional itu.

IBL akan kembali bergulir pada Kamis, 3 Maret besok, setelah ditangguhkan sejak awal Februari akibat lonjakan kasus COVID-19. Semua pertandingan akan digelar secara terpusat di Hall Basket Senayan, Jakarta.

”Kondisi fisik pemain sudah 100 persen siap, tapi tentunya kami akan melihat dan evaluasi di gim, karena sudah cukup lama tim tidak bertanding,” kata Manajer Indonesia Patriots Jamin Mattotoran.

Skuad Indonesia Patriots dilanda badai COVID-19 sejak pembukaan seri II yang digelar Bandung pada 29 Januari. Hal itu membuat mereka tidak bisa melakoni satu laga pun sampai IBL menangguhkan kompetisi sampai bulan ini.

Meski demikian, semua pemain di dalam tim yang menjadi cikal bakal tim nasional basket Indonesia itu sudah negatif semua. Ini berdasarkan hasil tes yang mereka jalani dua kali masing-masing pada 22 dan 27 Februari kemarin.

”Per tanggal 1 Maret kami semua sudah di hotel dan sudah tes usap PCR ke-3 dari IBL. Hasil sudah keluar dan dinyatakan semua negatif serta siap bertanding. Saat ini kami hanya bisa menunggu di kamar,” kata Jamin.

Kelanjutan IBL yang berada di depan mata membuat tim pelatih harus menjaga semua personil Indonesian Patriots tetap sehat sekaligus memastikan mereka taat dengan protokol kesehatan. Ini menjadi pekerjaan utama agar kejadian seperti di seri II Bandung tidak terulang.

Jamin mengatakan bahwa dirinya yakin permain skuadnya bakal meningkat meskipun sudah lama tidak bertanding. Selain itu, ia juga memastikan tim Indonesia Patriot sudah memahami strategi pelatih sehingga siap turun main.

”Untuk pemantapan taktik sudah lebih baik pastinya, cuma karena kondisi pandemi saja sehingga kami tidak bisa melakukan uji coba dengan tim lain. Namun, kami optimis dengan energi dan antusias dari pemain muda patriots,” ujarnya.

Sebanyak lima pertandingan akan memanaskan hari pertama kelanjutan IBL pada Kamis besok. Pendatang baru RANS PIK Basketball membuka kompetisi dengan melawan pasukan muda Satya Wacana Salatiga.

Setelah itu pertandingan berlanjut ke Evos Thunder Bogor dengan Bali United Basketball. Ini bakal menjadi reuni menarik antara Daniel Timothy Wenas dengan mantan timnya Bali United.

Laga tunda seri kedua lainnya antara NSH Mountain Gold Timika melawan Tangerang Hawks serta Bumi Borneo Basketball Pontianak versus Amartha Hangtuah juga akan memanaskan hari pertama kompetisi babak reguler Ini.

Sementara itu, Indonesia Patriots yang siap kembali ke IBL akan menutup pertandingan hari pertama. Mereka dijadwalkan bertemu dengan Pacific Caesar Surabaya.