Terjadi Lonjakan Kasus COVID-19, IBL Tetap Jalankan Kompetisi Sesuai Rencana dan Dihadiri Penonton
Liga Basket Indonesia (IBL)

Bagikan:

JAKARTA – Kompetisi basket IBL musim 2022 tetap berjalan meski terjadi lonjakan kasus COVID-19. Namun, protokol kesehatan yang ketat harus diperhatikan peserta kompetisi kasta tertinggi tanah air itu.

Sejauh ini IBL terpaksa sudah menunda tiga pertandingan setelah temuan kasus pemain dan personil tim positif COVID-19. Meski demikian, ada beberapa laga lain di seri kedua ini tetap berjalan sesuai dengan rencana.

"Per hari ini, masih sesuai rencana untuk seri Bandung, tapi kami mesti punya alternatif. Belajar dari pengalaman di IBL 2021 kami harus siap dengan kondisi apa pun," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam konferensi pers virtual Minggu, 30 Januari. 

Lonjakan kasus COVID-19 mulai mengusik penyelenggaraan seri kedua IBL 2022. Peningkatan kasus terinfeksi virus corona membuat IBL menunda beberapa pertandingan pada seri Bandung.

Setidaknya ada empat laga yang harus berlangsung pada Sabtu, 30 Januari. Namun, dua pertandingan di antaranya harus dijadwal ulang seiring banyak pemain dan personil yang terinfeksi COVID-19.

Kedua pertandingan itu adalah Pelita Jaya versus Satya Wacana Salatiga dan Indonesia Patriots melawan NSH Mountain Gold. 

Saat ini Indonesia Patriots sendiri belum bisa masuk gelembung karantina lantaran sebanyak tujuh personil mereka positif terinfeksi virus corona. Mereka masih harus menjalani tes lanjutan sebelum bergabung dengan tim lain di Bandung.


Sebelumnya pada Sabtu kemarin IBL sudah menunda laga antara Satria Muda Pertamina melawan Evos Thunder Bogor. Sejauh ini belum ada jadwal baru untuk laga-laga tunda tersebut.

"Kita lihat kasus per kasus sistem itu, individu tersebut gejala atau tidak sehingga ada kebijakan menyeluruh dan ada yang menyesuaikan. Yang kita tunda game-nya. Perhari ini masih sesuai rencana," kata Junas.

Selain tetap menggelar kompetisi, penonton juga masih diizinkan hadir ke stadion untuk menonton langsung laga. Namun, IBL memastikan bahwa penonton yang datang harus memenuhi syarat-syarat medis yang diwajibkan.