IBL 2022 Bergulir Lagi 3 Maret di Jakarta dengan Sistem Gelembung
Tim basket yang berkompetisi di IBL 2022 (HUMAS IBL)

Bagikan:

JAKARTA — Penyelenggara kasta tertinggi bola basket nasional (IBL) mengumumkan rencana lanjutan kompetisi musim 2022. Sisa babak reguler akan digelar secara gelembung di Jakarta.

Setelah menunda seri kedua di Bandung pada awal bulan ini, IBL direncanakan kembali bergulir pada 3-31 Maret mendatang di Gedung Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Semua personel akan menginap secara terpusat di Hotel Century Park Senayan Jakarta. 

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa sebelum memasuki gelembung, semua personel harus melewati prosedur protokol kesehatan COVID-19. Untuk itu, sub Satuan Tugas COVID-19 di masing-masing tim diminta untuk membuat pengawasan yang ketat.

"Tim peserta IBL akan memasuki gelembung pada 1 Maret tentu dengan clearance bebas COVID-19," kata Junas dalam keterangan yang diterima oleh VOI.

Tanggal 3 Maret semula ditetapkan untuk penyelenggaraan serie keempat yang awalnya direncanakan berlangsung di kota Solo. Namun, lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di seri kedua membuat penyelenggara mengubah format menjadi sistem gelembung.

Junas mengatakan bahwa perubahan format di tengah musim sungguh tidak mudah. Meski demikian, IBL tetap berusaha maksimal untuk melanjutkan kompetisi dan konsisten terkait kebijakan mitigasi COVID-19 yang menjadi perhatian utama mereka.

"Jakarta menjadi pilihan ideal untuk kondisi saat ini," Junas.

Jakarta dipilih sebagai tempat untuk melanjutkan kompetisi setelah pertemuan tim-tim kontestan pada Jumat, 18 Februari. Kota ini dinilai punya fasilitas penunjang yang lebih memadai.

Per 21 Februari 2022 semua personel diharapkan sudah mulai melakukan karantina mandiri dan melakukan tes swab PCR pertama keesokan harinya. Menyusul setelah itu tes PCR kedua harus mereka jalankan pada 27 Februari.

Kemudian sebelum memasuki gelembung semua personil akan menjalani tes swab PCR ketiga.