Total Pemain Pelita Jaya Terinfeksi COVID-19 Jadi 6 Orang
Pertandingan Pelita Jaya (INSTAGRAM @pelitajayabasketball)

Bagikan:

JAKARTA – Jumlah pemain tim basket Pelita Jaya yang tertular COVID-19 kini bertambah. Sekarang total ada enam pemain yang dinyatakan positif di dalam tim tersebut.

Sebelumnya Pelita Jaya mengumumkan kasus dua pemain terinfeksi virus pada Minggu, 30 Januari lalu. Kedua pemain tersebut adalah Fernando Fransco Manansang dan Govinda Julian Saputra yang melakukan tes PCR pada 28 Januari lalu.

Sementara itu, empat pemain lainnya yang baru dinyatakan positif adalah M. Arighi, Hendrick Xavi Yonga, Vincent Rivaldi Kosasih, dan Abiyyu Ramadhan. Penambahan kasus membuat laga Pelita Jaya melawan Indonesia Patriot pada Selasa, 1 Februari malam pun harus ditunda.

Menurut laman resmi Instagram Pelita Jaya, M. Arighi dan Hendrick Xavi Yonga menjalani tes pada 30 Januari pagi. Mereka kemudian dinyatakan positif setelah hasil tes keluar pada malam harinya.

Kemudian Vincent Rivaldi Kosasih dan Abiyyu Ramadhan mengikuti tes pada 31 Januari 2022 pagi. Mereka diketahui terinfeksi COVID-19 usai hasil tes keluar pada 1 Februari 2022 dini hari.

Seri kedua IBL 2022 sudah diusik COVID-19 sejak pertandingan hari pertama. Kasus pemain positif membuat pihak penyelenggara terpaksa menunda pertandingan Pelita Jaya versus Satya Wacana Salatiga.

Total sejauh ini IBL sudah menunda empat pertandingan akibat meroketnya kasus terinfeksi. Meski demikian, belum ada rencana dari penyelenggara untuk menghentikan kompetisi seperti yang terjadi pada musim 2020.

Beberapa hari lalu, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa seri kedua akan terus berlangsung sesuai rencana. Jika lonjakan kasus terus ada mereka kemungkinan akan menjalankan rencana cadangan tanpa penonton atau memindahkan kota penyelenggara.

Meski demikian, IBL juga tidak menutup kemungkinan untuk menghentikan kompetisi. Itu bisa terjadi andai pemerintah memberi alarm darurat terkait situasi terkini.