Dua Pebasket Pelita Jaya  Positif COVID-19, Laga Lawan Satya Wacana Ditunda
Laga IBL 2022, akan banyak tertunda karena pebasket terpapar COVID-19. (foto; dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA – Kasus COVID-19 di kalangan atlet, khususnya pebasket  terus bertambah. Setelah Indonesia Patriots mengumumkan tujuh pemainnya  positif,  kini Minggu, 30 Januari giliran klub basket Pelita Jaya juga mengumumkan dua pemainnya terpapar virus corona.

Kasus ini menambah daftar pemain  yang berlaga di kompetisi Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Tokopedia 2022 yang terkena COVID-19.

Kedua pemain tersebut adalah Govinda Julian Saputra dan Fernando Fransco Manansang, yang mengalami gejala flu dan pilek. Beberapa personel Pelita Jaya juga kini dalam pengawasan khusus tim dokter dan Satgas COVID-19 dari IBL.

Pelita Jaya sebenarnya sudah melakukan tes PCR pada 26 Januari dengan hasil zero atau nol temuan COVID-19. Kemudian pada 28 Januari, tim Pelita Jaya datang ke Bandung dan melakukan screening kedua. Mereka harus menunggu hasil tes keluar sebelum melakukan aktivitas.

Setelah hasil tes keluar pada Minggu dini hari WIB, Fernando dan Govinda dinyatakan positif COVID-19, Pelita Jaya kembali melakukan tes PCR pada hari ini, Minggu, 30 Januari, pukul 11:30 WIB.

Dengan adanya kasus ini, pertandingan antara Pelita Jaya vs Satya Wacana Salatiga yang dijadwalkan berlangsung Minggu, 30 Januari terpaksa ditunda.

"Pertandingan Pelita Jaya vs Satya Wacana terpaksa ditunda. Kami harus menunggu hasil tes PCR ulang dari Pelita Jaya," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dilansir dari laman resmi IBL, Minggu, 30 Januari.

Hasil tes memang keluar sedikit lebih lama karena semakin bertambahnya kasus COVID-19 akhir-akhir ini.

"Dengan demikian, dua pertandingan awal hari ini, Minggu, 30 Januari mengalami penundaan. Selain Pelita melawan Satya Wacana, laga Indonesia Patriots vs NSH Mountain Gold juga ditunda," ujar Junas.

Sebelumnya, tujuh personel Indonesia Patriots dinyatakan positif COVID-19. Mereka adalah Ali Bagir Wayarabi Alhadar, AA Gede Bagus, Victory Lobbu, Serigne Modou Kane, asisten pelatih Ricky Gunawan, manajer tim Jamin Matotoran dan Renny Dwi Chandrawati.

Satu hari kemudian, pihak penyelenggara melakukan tes ulang. Hasilnya, satu lagi pemain terindikasi positif COVID-19, yakni Aldy Izzatur Rahman.

"Kami kemudian melakukan tes ulang sekali lagi kepada delapan orang tersebut pada Sabtu, 29 Januari. Hasilnya, tujuh orang masih positif dan hanya Modou yang dinyatakan negatif COVID-19," terang Junas.

Selain itu, pemain Satria Muda Arief Febri juga kedapatan positif COVID-19 setelah menjalani serangkaian tes pada Jumat, 28 Januari malam di Bandung.

Pihak penyelenggara IBL Tokopedia 2022 bakal melakukan konferensi pers secara virtual terkait kabar terbaru dan nasib dari seri kedua di Bandung pada hari ini, pukul 14:30 WIB.