Tambahan Kasus, 7 Pemain dari 3 Tim Peserta IBL Positif COVID-19
Pertandingan di Liga Basket Indonesia musim 2022 (HUMAS IBL)

Bagikan:

JAKARTA — Kasus pemain positif COVID-19 di ajang IBL 2022 terus saja bertambah. Terbaru ada total tujuh pemain lagi dari tiga klub berbeda yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Dalam keterangan IBL yang didapat pada Rabu, 2 Februari, tiga klub yang pemainnya tertular adalah Bumi Borneo Basketball Pontianak, dan Satria Muda Pertamina. Itu berdasarkan hasil tes PCR yang dilakukan pada Selasa, 1 Februari kemarin.

Pemain yang terpapar tersebut, yakni Dio Tirta dan Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United), Arion Thio dan Raymond Shariputra (Bumi Borneo) serta Antoni Erga, Avan Seputra, dan Laurentius Steven Oei (Satria Muda).

”Semua ini harus kami lakukan sesuai dengan pedoman protokol kesehatan dan prosedur mitigasi yang telah IBL tetapkan,” kata dr. Panudju dari RS Royal Sports Medicine, mitra IBL.

Ketiga tim yang pemain-pemainnya dinyatakan positif tersebut seharusnya punya jadwal bertanding hari ini. 

Dewa United tercatat bersua Pacific Caesar Surabaya, Bumi Borneo Basketball Pontianak melawan Amartha Hangtuah Jakarta, sedangkan Satria Muda Pertamina Jakarta dijadwalkan bertemu dengan Bali United Basketball.

Lonjakan kasus pemain terinfeksi tersebut telah mengganggu jalannya kompetisi musim ini yang memasuki seri kedua. Sampai 1 Februari kemarin, total IBL telah menunda empat pertandingan akibat COVID-19.

Laga terbaru yang terpaksa ditunda itu adalah pertandingan antara Pelita Jaya melawan Indonesia Patriots. Pertemuan tersebut seharusnya digelar pada Selasa, 1 Februari kemarin.

Namun, pihak penyelenggara terpaksa menundanya karena sebanyak empat pemain Pelita Jaya terkonfirmasi positif. Sejauh ini belum adalah jadwal baru untuk pertandingan-pertandingan tersebut.

Seri kedua IBL musim ini berlangsung sudah sejak 29 Januari lalu dan akan berakhir pada 5 Februari mendatang. Setelah seri kedua di Bandung, kasta tertinggi bola basket nasional itu akan melanjutkan seri berikutnya ke Jogjakarta.