Cegah Penularan COVID-19, IBL Istirahatkan Pertandingan Seri Kedua Bandung
Pertandingan Liga Basket Indonesia (HUMAS IBL)

Bagikan:

JAKARTA – Penyelenggara IBL 2022 langsung mengambil langkah preventif mencegah penularan COVID-19. Langkah itu yakni mengistirahatkan pertandingan seri kedua.

IBL mulai menunda pertandingan sejak Rabu, 2 Februari, karena meroketnya kasus. Total sebanyak empat pertandingan yang sudah dijadwalkan tidak dimainkan semuanya.

”Pertandingan Seri 2 tanggal 3, 4 & 5 Februari 2022 ditunda untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan dijalankannya prosedur mitigasi bagi seluruh peserta,” kata IBL dalam rilis resmi yang diterima.

Sampai saat ini masih ada 13 orang yang dinyatakan positif berdasarkan hasil tes berkala yang dilakukan pada 1 Februari lalu. Jumlah tersebut mencakup pemain dan perangkat pertandingan.

Berdasarkan keterangan IBL pada Rabu kemarin, masih ada empat tim yang pemainnya masih terpapar corona. Keempat tim itu adalah Satria Muda Pertamina Jakarta, Bumi Borneo Basketball Pontianak, Dewa United Surabaya, dan Prawira Bandung.

Selain para pemain, sebanyak lima wasit pun dinyatakan positif. Mereka adalah Abdurrahman Rajib, Arnaz Anggoro, Christmas Eben E M, Rochmad Yanuwardi, dan Lukmanul H Lubay.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa langkah mitigasi perlu diambil pihaknya karena musim ini masih panjang. Mereka akan melanjutkan seri kedua setelah kasus berkurang.

”Meskipun terdapat kasus positif, personel yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personil yang awalnya positif telah sembuh dengan hasil negatif. Demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan,” kata Junas.

Banyaknya pertandingan tunda membuat IBL membuat rencana untuk memperpanjang seri Bandung. Jadwal seri kedua seharusnya berlangsung dari 29 Januari sampai 5 Februari.